Persyaratan Pekerjaan di PPNPN IKN 2023 dan Cara Daftarnya

Tribunnews.com
Lowongan kerja PPNPN IKN 2023
Editor: Intan
22/2/2023, 18.05 WIB

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka seleksi terbuka untuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). Pendaftaran dilakukan secara online mulai 20 sampai 24 Februari 2023. Pendaftaran membutuhkan dokumen dan persyaratan untuk mengikuti tes PPNPN IKN Nusantara 2023. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi www.ikn.go.id.

Pendaftaran dibuka untuk kualifikasi pendidikan minimal strata 1 dari perguruan tinggi terakreditasi. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan lowongan kerja. Usia pelamar minimal 21 tahun dan maksimal 33 tahun ketika mendaftar. Peserta dapat mengunduh pengumuman lowongan pekerjaan di website ikn.go.id.

Lowongan Kerja PPNPN IKN

LOWONGAN KERJA DI PPNPN IKN (Bisnis.com)

Berikut daftar lowongan kerja untuk PPNPN:

  1. Sekretariat
  2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan
  3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan
  4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan
  5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat
  6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital
  7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam
  8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi
  9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana

Tahapan Seleksi

  1. Pengumuman: 17 sampai 24 Februari 2023
  2. Pendaftaran elektronik: 20 sampai 24 Februari 2023
  3. Pemeriksaan seleksi administrasi: 24 sampai 27 Februari 2023
  4. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 28 Februari 2023
  5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes: 2 Maret 2023
  6. Pengumuman hasil TPA dan Psikotes: 9 Maret 2023
  7. Wawancara: 10-12 Maret 2023
  8. Pengumuman akhir seleksi: 13 Maret 2023

Persyaratan Pekerjaan di PPNPN IKN

Berdasarkan Pengumuman Nomor P.005/Otorita IKN/II/2023, berikut persyaratan pekerjaan di PPNPN IKN:

1. Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi
  • Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) pada skala 4 dan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan
  • Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,2 (tiga koma dua) pada skala 4
  • Berusia paling kurang 21 (dua puluh satu) tahun dan berusia maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun pada saat melamar;
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berkelakuan baik
  • Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan
  • Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional
  • Disiplin dan berintegritas
  • Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara.

2. Kelengkapan Dokumen

  • Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1
  • Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir;
  • Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 10 MB
  • Pindai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  • Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi
  • terakreditasi nasional yang berlaku paling lama sejak 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran
  • Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1;
  • Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir
  • Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 10 MB
  • Pindai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  • Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama sejak 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran

3. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online lewat website http://www.ikn.go.id/RekPPNPNOIKN.
Waktu pendaftaran mulai 20 - 24 Februari 2023 pukul 16.00 WIB. Berkas lamaran dikirim ke format PDF dan hasil pindai berkas berkapasitas maksimal 10 MB untuk semua berkas. Berikut lampiran dokumen:

  • Daftar riwayat hidup sesuai lampiran 1
  • Pindai warna Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir
  • Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 10 MB
  • Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama sejak 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran
  • Unggah Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp 10.000 sebagai format dalam Lampiran 2
  • Unggah Surat Pernyataan kebenaran dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp 10.000, sebagaimana format dalam lampiran 3
  • Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi terbuka disampaikan melalui website www.ikn.go.id
  • Berkas yang masuk diperiksa dan diseleksi panitia, keputusan tidak dapat diganggu gugat