Bareskrim Periksa Promotor soal Penipuan Tiket Coldplay Rp 277 Juta

Twitter @PKEnt_ID
Promotor konser musik Coldplay, PK Entertainment.
Penulis: Yuliawati
25/5/2023, 18.55 WIB

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri memeriksa dua orang saksi dari promotor konser Coldplay, PK Entertainment. Keduanya dimintai keterangan dan klarifikasi terkait perizinan dan mekanisme penjualan tiket serta pengawasan.

Bareskrim memeriksa saksi berinisial TH dan HS pada Rabu (24/5). “Kedua orang tersebut diperiksa atau diambil keterangan dari pukul 20.00 sampai pukul 24.00 WIB dengan 20 pertanyaan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Kamis (25/5).

Pemeriksaan terkait dugaan tindak pidana penipuan penjualan tiket konser Coldplay secara daring lewat media sosial itu belum tuntas dan masih akan berlanjut.

Penyidik Direktorat Siber Bareskrim Polri masih membutuhkan keterangan dari pihak promotor untuk menyelidiki kasus yang dilaporkan korban penipuan yang jumlahnya mencapai 65 orang dengan kerugian Rp 227 juta.

“Penyidik Siber akan memeriksa saksi dari perusahaan yang sama, ada dua orang lagi diminta klarifikasi sebagai saksi terkait perizinan,” kata Ramadhan.

Selain itu, kata dia, penyidik akan memanggil pihak penjualan atau pihak ketiga yang melakukan penjualan tiket konser Coldplay. “Jadi ada pihak ketiga yang melakukan penjualan tiket dari loket.com,” kata Ramadhan.

Sebelumnya, Selasa (23/5) penyidik telah memeriksa pelapor dan tujuh korban dugaan penipuan penjualan tiket konser Coldplay.

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri tengah mendalami kasus dugaan penipuan penjualan daring tiket konser Coldplay.

Polri telah menerima satu laporan polisi di Bareskrim Polri, dan tiga aduan masyarakat di Polda Metro Jaya, Polda Kepulauan Riau, dan Polda Jawa Tengah.

Heboh Puteri Indonesia Jual 100 Tiket Coldplay

Media sosial sedang dihebohkan dengan mantan Puteri Indonesia Intelegensia, Lycie Joanna Jonsen, yang menjual 100 tiket Coldplay dengan harga dua kali lipat dari yang diterapkan oleh promotor. Dalam Instagram storynya, Lycie mengaku mendapatkan tiket tersebut dari orang dalam.

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id, Lycie menjual semua kelas tiket dari yang termurah CAT 8 hingga Ultimate Experience. Namun demikian, dia menjual harga tiket tersebut dua kali lipat dari harga promotor. 

Misalnya saja tiket Coldplay CAT 8 yang seharusnya Rp 800.000 menjadi Rp 1.600.000, tiket CAT 7 dan CAT yang seharusnya Rp 1,3 juta menjadi Rp 2,5 juta. Sementara harga tiket termahal Ultimate Experience yang seharusnya Rp 11 juta, dijual menjadi Rp 21 juta.

Dalam unggahannya, Lycie mengatakan akan kembali menjual tiket Coldplay. Namun demikian, harga tiket tersebut akan lebih mahal karena sudah dinaikkan oleh "orang dalam".

"Yang gak dapat dapat sorry banget. Kalau mau ikut kuota 2. Tapi harganya sudah naik nih dari orang dalemnya," tulis Lycie.

Warganet pun heboh dengan aksi yang dilakukan Lycie tersebut. Hal itu salah satunya akun twitter @Hendyaw yang mengunggah tangkapan layar dari postingan Lycie saat menjual tiket. 

"Ini juga hahaha 100 tiket dari orang dalam. Emang belum cocok Coldplay konser di Indonesia yang penuh kebusukan ini," cuitnya. 

Cuitan tersebut ternyata dibagikan kembali dan dibalas oleh Lycia di Instagram Storynya.  Dia bahkan mengatakan bahwa calo dibutuhkan dalam hidup.

Lychie merupakan Puteri Indonesia Intelegensia 2019. Di merupakan finalis Puter Indonesia yang mewakili Kepulauan Riau pada 2019.

Calo Tiket Coldplay Marak

Calo tiket Coldplay marak bermunculan sepekan terakhir.  Salah satunya situs Kick Avenue yang menjual tiket Coldplay dengan harga fantastis. Tiket kategori CAT 1 dihargai Rp60 juta, selisih Rp55 juta dari harga asli Rp5 juta.

Mereka juga menjual tiket Cat 2 seharga Rp50 juta dan Cat 3 Rp9,5 juta. Padahal tiket aslinya hanya seharga masing-masing Rp4 juta dan Rp3,25 juta.

Selain sosial media, tiket Coldplay juga marak dijual di platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Dua jam setelah penjualan dibuka pada Rabu (17/5) , beberapa toko di Shopee dan Tokopedia mulai menjual tiket konser Coldplay.

Saat itu, tiket CAT 3 yang dibanderol Rp 3,3 juta, dijual Rp 5,5 juta di Tokopedia. Tiket konser Coldplay My Universe yang dijual resmi Rp 5,7 juta, dibanderol Rp 15 juta di Tokopedia. Tiket tersebut bahkan sudah ludes di hari yang sama pada Pukul 12.12 WIB.

Namun kata kunci 'tiket Coldplay' tak lagi tersedia di Tokopedia pada Pukul 14.35 WIB. Beberapa penjual di Shopee juga menjajakan tiket konser Coldplay. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, tiket konser Coldplay tidak terpantau tersedia di TikTok Shop dan Lazada.

Berdasarkan akun resmi Instagram PK Entertainment dan Third Eye Management, harga tiket konser grup band asal London tersebut dibanderol mulai dari Rp800 ribu hingga Rp11 juta.

Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.

Reporter: Antara