KPK Selidiki Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian

ANTARA FOTO/Reno Esnir/nym.
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menyampaikan keterangan pers kepada wartawan di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta, Jumat (24/2/2023).
Penulis: Ade Rosman
14/6/2023, 17.26 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi tengah menggali informasi dari sejumlah pihak terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.  Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan tim penyidik saat ini dalam tahap mengumpulkan informasi dari beberapa pihak.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di kementan RI," kata Ali Fikri dalam keterangan resmi Rabu (14/6).

Ali mengatakan proses penggalian informasi merupakan tindak lanjut laporan dari masyarakat yang diterima KPK. Dia berharap proses yang tengah dijalani KPK bisa memberikan kepastian dalam penegakan hukum. 

"Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut," kata Ali lagi.

Di sisi lain, beredar kabar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan ditetapkan sebagai tersangka. Kabar tersebut beredar dari unggahan akun Instagram @pedeoproject.

Pada unggahan tersebut, Syahrul disebut bakal ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam perkara dugaan penyalahgunaan SPJ, gratifikasi, dan suap.

Lebih jauh, selain Syahrul, dalam unggahan itu disebutkan pula KPK akan menetapkan dua pejabat Kementan lain sebagai tersangka.

Katadata.co.id telah mencoba menghubungi pihak Kementan, namun, hingga pemberitaan ini terbit, belum ada respons terkait kabar tersebut. 

Reporter: Ade Rosman