Gerindra Ungkap Prioritas Prabowo Sebelum Mulai Susun Kabinet

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (tengah) menjawab pertanyaan wartawan saat tiba untuk mengikuti Rapimnas Partai Gerindra di The Darmawangsa, Jakarta, Senin (23/10/2023).
Penulis: Ade Rosman
15/5/2024, 12.04 WIB

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan presiden terpilih Prabowo Subianto belum membahas mengenai kabinet. Dasco beralasan, saat ini Prabowo tengah berfokus pada program makan siang gratis.

"Belum pernah ada pembicaraan soal kabinet. Pak Prabowo lagi konsentrasi pada saat ini merumuskan, mengkaji soal makan siang gratis dan beberapa program unggulan pada saat kampanye," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dikutip Rabu (15/5).

Menurut Dasco hingga saat ini, Prabowo belum melakukan pembahasan mengenai kabinet melingkupi komposisi hingga siapa saja di dalamnya nanti. Penyusunan kabinet kata Dasco baru dilakukan setelah pengkajian dirasa cukup. 

Di sisi lain, Dasco mengatakan, saat ini tengah dikaji perhitungan pemanfaatan anggaran untuk program makan siang gratis. Selain itu, pengkajian juga meliputi pola yang akan diterapkan saat realisasi program tersebut.

"Dan ini masih belum final, masih dikaji dan masih dalam simulasi-simulasi," kata Dasco. 

Dasco juga mengatakan, saat ini tengah dilakukan studi banding ke beberapa negara yang telah berhasil menjalankan program makan siang. Program makan siang gratis merupakan salah satu utama yang dijanjikan Prabowo-Gibran saat masa kampanye. 

Mengenai kesibukan Prabowo menyiapkan bantalan kebijakan untuk mendukung program prioritas dan pengaruhnya dalam penyusunan kabinet menjadi salah satu ulasan dalam telaah terbaru katadata. Dalam tulisan berjudul ‘Utak Atik Prabowo Mencari Kandidat Menteri Bidang Ekonomi' disebutkan sejumlah hal yang menjadi pertimbangan Prabowo hingga dinamika penyusunan kabinet.

Simak ulasan lengkap penyusunan kabinet Prabowo dengan klik di sini. 



Reporter: Ade Rosman