Gerindra Jelaskan Alasan Lebih Dorong Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ketua TKD Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan topi saat melakukan kampanye di acara konsolidasi tokoh agama dan masyarakat di Pool Primajasa, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (2/12/2023).
Penulis: Ade Rosman
20/6/2024, 17.05 WIB

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ini diproyeksikan oleh Partai Golkar untuk maju di Pilgub Jakarta maupun Jawa Barat. Kendati demikian, hingga kini belum ada kepastian ke mana pria yang biasa disebut RK itu akan berlabuh di Pilkada 2024.

Sementara itu Koalisi Indonesia Maju sudah menyatakan bulat untuk mendukung Ridwan Kamil di Jakarta. Meski begitu, keputusan koalisi pendukung Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di pemilihan presiden (pilpres) 2024 ini belum final. 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan partainya tak mengintervensi keputusan akhir Partai Golkar tentang langkah politik Ridwan Kamil. Habiburokhman mengatakan Partai Gerindra cenderung mendukung RK untuk maju memperebutkan kursi Jakarta.

Menurut Habiburokhman, Golkar bisa saja mengusung Ridwan Kamil di Jawa Barat jika memang serius mau menang. Meski begitu ia mengatakan perlu ada strategi agar koalisi pendukung Prabowo bisa menang sekaligus di Pilkada Jakarta dan Pilkada Jawa Barat. 

“Pasti kan cari sosok-sosok yang kalau untuk memenangi pertarungan itu elektabilitasnya saat ini sudah cukup terukur," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Soal elektabilitas ini, Ridwan Kamil saat ini masih unggul di Pilkada Jawa Barat. Sejumlah survei terbaru yang dirilis menunjukkan tingkat kepuasan terhadap Ridwan Kamil di Jawa Barat masih nomor satu dengan kepuasan di atas 70%. Sedangkan di DKI Jakarta elektabilitas Ridwan Kamil berada di bawah Anies Rasyid Baswedan. 

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan partainya lebih cenderung mendorong RK kembali maju di Pilkada Jakarta. "Kalau kita lihat hasil survei yang sekarang, kita bandingkan Ridwan Kamil di Jawa Barat dengan Ridwan Kamil di Jakarta, itu lebih besar peluangnya di Jawa Barat," Doli Kurnia di Jalan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (19/6). 

Doli menyatakan, approval rating RK di Jawa Barat cukup tinggi, bahkan menurutnya cenderung tidak ada tokoh yang menyaingi. "Artinya masyarakat Jawa Barat masih menginginkan Ridwan Kamil untuk satu periode berikutnya," kata Doli.

Sementara itu bila Ridwan Kamil maju di Jakarta, Gerindra telah menyiapkan sejumlah nama untuk maju di Jawa Barat. Salah satunya adalah politikus Gerindra Dedy Mulyadi yang pernah menjadi Bupati Purwakarta. 

Reporter: Ade Rosman