Jokowi Ulang Tahun, Istana Sebut Tak Ada Perayaan

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/6/2024).
21/6/2024, 11.06 WIB

Istana Kepresidenan menyetakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan menggelar acara perayaan hari ulang tahun ke-63 yang jatuh pada hari ini, Jumat (21/6). Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan bahwa presiden tetap bertugas di Istana.

"Hari ini Presiden berkantor di Istana seperti Biasa. Tidak ada acara merayakan hari Ulang Tahun. Beliau tidak pernah Merayakan acara Hari Ulang Tahun," kata Yusuf lewat keterangan tertulis kepada wartawan pada Jumat (21/6).

Hari ini juga penanda ulang tahun Jokowi yang terakhir sebagai presiden. Sebagai kepala negara dan pemerintahan, Jokowi juga akan menyelesaikan masa jabatannya tahun ini setelah memimpin sejak 20 Oktober 2014.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Ia menempuh pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas di kota kelahirannya. Setelahnya, ia menamatkan studi kehutanan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 1985.

Setelah lulus dari UGM, Jokowi terjun ke dunia usaha mebel yang membuatnya dikenal sebagai pengusaha sukses di Solo. Ia memulai karier politiknya di Solo dengan menjabat sebagai Wali kota periode 2005-2012.

Ia lalu menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2012-2014. Setelah itu, Jokowi bersama Jusuf Kalla berhasil memenangkan Pemilihan Presiden 2014, mengalahkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Ucapan selamat ulang tahun untuk Jokowi bermunculan di media sosial. Salah satunya dari Prabowo Subianto, presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan. 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Instagram/Prabowo Subianto)

Prabowo menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Jokowi melalui unggahan foto di akun media sosial Instagram @prabowo pada Jumat (21/6) pagi. Prabowo mengunggah 3 foto dirinya bersama Jokowi dengan efek latar monokrom.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menuliskan teks yang berisi harapan dan doa untuk Jokowi. “Semoga dalam lindungan Allah SWT, senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan pengabdian kepada Negara dan Rakyat Indonesia,” tulis Prabowo.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu