Jokowi Soal Peluang Kaesang Maju Pilkada: Jakarta dan Jateng Bagus

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di kawasan Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/1/2024).
16/7/2024, 14.26 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal peluang Kaesang Pangarep dalam kontentasi pemilihan kepada daerah (Pilkada) tahun ini. Dia menyebut potensi keikutsertaan putra bungsunya di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) dan Jakarta sama-sama baik

"Ya di Jawa Tengah bagus, di Jakarta juga bagus karena ini kan semua wilayah Indonesia," kata Jokowi saat menggelar konferensi pers di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Selasa (16/7).

Kaesang belakangan dikaitkan sebagai salah satu figur yang akan mengikuti Pilkada 2024. Sejumlah tawaran dari partai politik (parpol) telah menyiapkan sosok pendamping untuk Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut.

Partai Golkar bahkan sudah menyodorkan sosok Jusuf Hamka alias Babah Alun sebagai calon Wakil Gubernur Jakarta untuk mendampingi Kaesang di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta tahun ini. Tawaran tersebut akan terwujud jika Kaesang bersedia maju di Jakarta.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan figur Jusuf Hamka punya beragam keahlian untuk menjadi sosok pimpinan Jakarta. Pemberian tugas kepada Babah Alun untuk menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Kaesang didasari pada kebutuhan kebijakan alternatif untuk Jakarta.

"Seandainya Mas Kaesang memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun," kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat pada Kamis (11/7).

Sedangkan Gerindra juga telah membuka opsi untuk memasangkan Kaesang untuk maju di Pilgub Jawa Tengah bersama Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal (Irjen) Ahmad Luthfi. Kaesang pun mengakui bahwa tingkat elektablitas dirinya di Jawa Tengah cenderung lebih tinggi ketimbang di Jakarta.

Adapun hasil survei sementara Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Tengah menunjukkan Kaesang memiliki daya tarik politik tinggi di lokasi tersebut."Elektabilitas saya tinggi, memang bagus pasti elektabilitas saya," ujar Kaesang di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat pada Kamis (11/7).

Survei terbaru yang dirilis Indikator Politik Indonesia menunjukkan Kaesang sebagai salah satu kandidat potensial untuk menjadi calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada tahun ini. Survei dilakukan pada 10-17 Juni 2024 secara tatap muka dengan melibatkan 800 responden.

Pada simulasi semi terbuka, Indikator menyodorkan 20 nama kepada responden. Dari pilihan responden, Kaesang Pangarep berada di urutan pertama dengan 17,7% suara diikuti Ahmad Luthfi dengan 15,6% suara. Selanjutnya ada Taj Yasin dengan 12,8 % suara.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu