Momen Jokowi Konvoi Motor Bareng Pak Bas dan Raffi Ahmad Menuju IKN

Istimewa
Presiden Joko Widodo beserta rombongan selebritas menuju IKN Nusantara, Minggu (28/7)
Penulis: Ira Guslina Sufa
28/7/2024, 17.44 WIB

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Ibu Kota Negara Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7). Jokowi datang ke IKN dengan mengendarai sepeda motor bersama sejumlah selebritis hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Mereka  menyusuri jalan tol menuju IKN dan bertolak dari Balikpapan. 

Presiden Jokowi yang mengenakan jaket touring hitam, tampak mengendarai motor custom di barisan depan. Di belakangnya ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat/Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri ATR/Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta selebritas Raffi Ahmad yang memboncengi Nagita Slavina.

Sejumlah selebritas turut konvoi menyusuri jalan tol bersama Presiden Jokowi dengan sepeda motor masing-masing. Mereka di antaranya adalah Raffi Ahmad, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Selebritas lainnya adalah Ferry Maryadi, Omesh dan Dian Ayu, Gading Marten dan Poppy Sovia.

Presiden Jokowi dan para selebritis menyusuri jalan tol menuju IKN hingga ke Jembatan Pulau Balang untuk meresmikan infrastruktur pendukung IKN tersebut. Meski pembangunannya belum selesai 100%, Presiden mengakui kondisi jalan tol tersebut mulus dan nyaman untuk dilalui, bahkan dengan sepeda motor.

"Tadi sudah kita coba jalan tol, meskipun belum selesai 100 persen, tetapi mulus dan nyaman," kata Presiden.

Presiden pun berkelakar terpaksa ngebut lantaran mengikuti kecepatan Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono yang biasa disapa Pak Bas. "Pak Menteri PUPR, Pak Basuki menyebabkan kita tadi harus ngebut, di depan ngebut terus, kalau kita enggak ikutan ngebut, kita ketinggalan jauh," kata Presiden.

Jembatan Pulau Balang antara Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (13/1). Foto: Andi M Arfief. (Andi M Arief)

Resmikan Jembatan Pulang Balang

Salah satu agenda Jokowi di IKN adalah meresmikan Jembatan Pulau Balang. Jembatan ini menjadi salah satu pendukung infrastruktur pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN). Kepala Negara mengatakan jembatan yang melintas di atas Teluk Balikpapan tersebut menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan di Kaltim.

Presiden mengungkapkan jembatan tersebut dibangun sejak 2015 itu menghabiskan anggaran sebesar Rp1,43 triliun. Peresmian Jembatan Pulau Balang juga ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Presiden Jokowi.

Sebelum meresmikan Jembatan Pulau Balang, Presiden juga meninjau progres pembangunan jalan tol IKN di Jalan Bebas Hambatan Akses IKN Seksi 3A-5A, Kota Balikpapan. "Tadi sudah kita coba jalan tol meskipun belum selesai 100 persen, tetapi mulus dan nyaman," ungkap Presiden.

Usai peresmian Jembatan Pulau Balang, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan rombongan akan bermalam di IKN untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.



Reporter: Antara