Megawati, Ganjar, serta Mahfud MD Temui Pimpinan MPR, Ada Apa?

Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas menyemprotkan disinfektan di Gedung Rapat Paripurna DPR dan MPR, Jakarta Pusat, MInggu (9/8/2020).
Penulis: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
9/9/2024, 11.33 WIB

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertemu dengan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Senin (9/9).

Pertemuan itu agenda silaturahmi kebangsaan pimpinan MPR dengan Presiden RI ke-5 dan Keluarga Besar Bung Karno. Kedatangan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati dengan pakaian bernuansa putih itu disambut oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Hadir pula Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Hidayat Nur Wahid, serta Ahmad Muzani.

Silaturahmi ini sesuai dengan TAP MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa. Pada acara itu juga diserahkan surat Pimpinan MPR kepada keluarga besar Bung Karno.

Pimpinan MPR sebelumnya juga telah menerima Surat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: M.HH-HH.04.01-84 tanggal 13 Agustus 2024 perihal Tindak Lanjut Tidak Berlakunya TAP MPRS Nomor XXXIII/MPRS/1967.

Megawati didampingi oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Adian Napitupulu, Mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly, Mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat.

Kemudian Guruh Soekarnoputra serta Sukmawati Soekarnoputri. Lalu Ketua DPP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah PDIP Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, juga Prananda Prabowo.

Sebelumnya, MPR juga telah melakukan serangkaian silaturahmi kebangsaan ke kantor DPP PKS dan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).


Reporter: Ade Rosman