Top News: Lilitan Masalah Indofarma dan Pilot Susi Air Bebas

Serikat Pekerja Indofarma
Aksi demontrasi karyawan Indofarma di depan Gedung Kementerian BUMN
23/9/2024, 05.55 WIB

PT Indofarma Tbk tengah menghadapi rentetan persoalan. Dari masalah lilitan utang hingga tunggakan gaji karyawan hingga mencapai Rp 95 miliar, perusahaan farmasi BUMN ini juga dirundung masalah hukum.

Mantan Direktur Utama, Arief Pramuhanto, kini berstatus tersangka korupsi karena diduga merugikan negara hingga miliaran rupiah. Arief diduga terkait dengan kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan Indofarma dan anak perusahaan pada periode 2020 - 2023.

Rentetan persoalan hukum Indofarma menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id pada akhir pekan ini. Selain itu, simak juga proses pembebasan pilot Susi Air yang menjadi sandera KKB di Papua, serta investor asing yang memborong triliunan saham pada pekan ini.

1. Diterpa Masalah Hukum hingga Keuangan, Indofarma Bisa Bangkit Lagi

Sederet masalah masih menerpa PT Indofarma Tbk beberapa waktu belakangan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang farmasi itu masih dilanda masalah keuangan dan menunggak gaji karyawan hingga Rp 95 miliar.

Tak hanya itu, mantan Direktur Utama Indofarma, Arief Pramuhanto dan dua orang lainnya ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Daerah Khusus Jakarta. Arief diduga terlibat korupsi pengelolaan keuangan Indofarma dan anak perusahaan sepanjang 2020-2023.

Bahkan, emiten farmasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu masih menunggak gaji para karyawan hingga sebesar Rp 95 miliar. Menurut Arif Widodo, perwakilan Serikat Pekerja Indofarma, bukan hanya pembayaran gaji yang tersendat. Indofarma juga belum membayarkan tunjangan kesejahteraan dan tunjangan akhir tahun.

"Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BNI Simponi periode Mei 2022 hingga sekarang belum dibayar, iuran BPJS Ketenagakerjaan terakhir dibayar Januari 2022 padahal sudah dipotong dari gaji," ujar Arif kepada Katadata.co.id, Jumat (20/9).

Ia juga menyebut asuransi kesehatan Inhealth juga tidak dibayarkan. Selama Ramadan, mereka tidak mendapatkan uang makan yang menjadi pengganti makan siang. Bahkan, jatah air minum pun mereka harus membeli sendiri.

2. PSSI Ambil Keputusan Sanksi soal Wasit Dipukul Pemain di PON 2024 Besok

Persatuan Seluruh Sepak Bola Indonesia (PSSI) akan mengambil keputusan terkait pemukulan wasit pada laga sepak bola putra Aceh versus Sulawesi Tengah alias Sulteng pada PON 2024 pada Senin (23/9).

"Semoga Senin malam sudah ada keputusan yang nantinya diserahkan ke Ketua Umum PSSI Erick Thohir," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Jakarta, Sabtu (21/9).

Pria asal Gorontalo tersebut mengatakan, PSSI sudah datang ke Aceh pada Rabu (18/9), untuk menginvestigasi kasus wasit dipukul oleh pemain Sulawesi Tengah alias Sulteng Muhammad Rizki Saputra.

Tim investigasi tersebut dipimpin Ketua Komite Banding PSSI Ali Mukartono.

PSSI sudah memanggil dan meminta keterangan dari tujuh perangkat pertandingan yang bertugas pada laga tersebut termasuk wasit Eko Agus Sugih Harto. PSSI akan mendengarkan sudut pandang dari pemain tim Sulawesi Tengah Muhammad Rizki Saputra.

3. Bebaskan Pilot Susi Air, KKB Minta Tebusan ke Pemerintah Indonesia?

Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens pada Sabtu (21/9). Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto menegaskan, KKB pimpinan Egianus Kogoya tidak meminta imbalan.

"Tidak ada yang mereka minta. Kami hanya melakukan pendekatan secara persuasif,” kata Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9).

Philip Mark Mehrtens merupakan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru yang disandera oleh kelompok Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023. Ia diculik sesaat setelah mendarat di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. KKB juga membakar pesawat Susi Air yang digunakan.

Hadi menjelaskan, pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens membutuhkan proses negosiasi yang sangat panjang. Negosiasi dilakukan oleh Satgas Operasi Damai Cartenz dari TNI-Polri.

4. Investor Asing Borong Saham Bank Triliunan Pekan Ini, Paling Banyak BBRI

Investor asing ramai mengkoleksi bank berkapitalisasi jumbo pada sepekan ini. Saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BBRI dan PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA paling banyak diborong asing mencapai Rp 3,7 triliun pada 17-20 September 2024.

Di sisi lain, saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) menjadi saham yang paling banyak dilego investor asing selama sepekan senilai 458,8 miliar. Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menempati urutan kedua dengan penjualan oleh investor asing yakni Rp 144,4 miliar.

P.H Sekretaris Perusahaan BEI Eko Susanto mengatakan, pergerakan investor asing pada Jumat (20/9) mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp 523,15 miliar. Asing masih masuk di tengah anjloknya IHSG mencapai 2% ke level 7.743, setelah mencetak rekor pada Kamis (19/9). Adapun IHSG dalam sepekan tercatat turun 0,83%.

"Sementara sepanjang 2024 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp 56,11 triliun," kata Eko dalam keterangannya, Sabtu (21/9).

5. GoTo Gojek Tokopedia Pakai Cloud Raksasa Teknologi Cina Tencent

GoTo Gojek Tokopedia mengumumkan kemitraan dengan raksasa teknologi Cina Tencent. Melalui kolaborasi ini, Tencent Cloud akan menyediakan solusi infrastruktur komputasi awan atau cloud dan layanan digital komprehensif untuk bisnis GoTo.

Sebagai bagian dari kemitraan yang berjangka waktu lima tahun, GoTo akan memanfaatkan teknologi dan layanan Platform as a Service alias PaaS dari Tencent Cloud untuk mendukung ekosistem Perseroan secara menyeluruh.

Tim engineering GoTo Gojek Tokopedia akan bekerja sama dengan para ahli layanan dan infrastruktur internal Tencent Cloud untuk mengembangkan teknologi lebih lanjut, sehingga memungkinkan perusahaan terus meningkatkan penawaran, sekaligus memperkuat produk.

Berbagai layanan dan posisi GoTo Gojek Tokopedia di Indonesia akan semakin diperkuat oleh kehadiran server Tencent Cloud yang berlokasi di Indonesia.