PAN dan Golkar Dukung Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) berjalan untuk memberikan pembekalan kepada tenaga kesahatan TNI yang akan menjalankan misi kemanusiaan di Timur Tengah di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).
1/10/2024, 14.52 WIB

Partai Politik (Parpol) anggota Koalisi Indonesia Maju alias KIM menyambut positif wacana pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Mereka mengatakan pertemuan dua politisi itu merupakan hal positif  untuk memberikan solusi terbaik untuk bangsa. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Hendro Purnomo berpendapat komunikasi yang terjalin antara presiden terpilih mantan presiden dapat menghasilkan keputusan baik bagi negara.

"Kalau buat saya ini bagus, ada pertemuan dua tokoh bangsa dan pasti memberikan jalan terbaik untuk negara ini," kata Eko saat ditemui sesuai agenda pelantikan anggota DPR di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Selasa (1/10).

Sambutan positif rencana pertemuan Prabowo-Mega juga disuarakan oleh Golkar. Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat Partai (DPP) Partai Golkar, Dave Laksono.

Dia menyebut sosok Megawati sebagai tokoh bangsa yang punya pengalaman mengisi jabatan strategis di kancah politik domestik, termasuk sebagai Presiden RI ke-5 periode sejak 2001-2004.

Dave berharap tatap muka dua politisi senior ini dapat menghasilkan ide progresif terkait kebijakan pelayanan masyarakat, peningkatan sumber daya manusia, hingga inovasi dalam program-program pembangunan.

Pertemuan antara dua ketua umum parpol itu juga dipandang sebagai langkah untuk menyatukan kekuatan politik demi melanjutkan pembangunan bangsa.

"Pemiikiran maupun pengalaman Bu Mega menjadi aset penting untuk memastikan pembangunan berkelanjutan ini berlajan terus," kata Dave, Selasa (10/1).

Pada lokasi yang sama, presiden terpilih Prabowo berharap pertemuan dirinya dengan Megawati dapat terlaksana sebelum 20 Oktober 2024. "Mudah-mudahan sebelum pelantikan," kata Prabowo di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Selasa (1/10).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu