Resmi Jadi Ketua MPR, Muzani Fokus Siapkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Youtube/MPR
Ketua MPR Ahmad Muzani berpidato usai pelantikannya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10). Foto: Youtube/MPR
3/10/2024, 13.06 WIB

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani resmi terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Usai mengambil sumpah, Muzani menyatakan fokusnya saat ini yakni pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

"Agenda kenegaraan yang penting setelah ini adalah kita akan segera melakukan tugas konstitusional kita yang penting yakni melantik Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2024 tanggal 20 Oktober," kata Muzani, Kamis (3/10).

Selaku pimpinan, Muzani meminta MPR beserta pimpinan partai politik dan seluruh fraksi DPD bekerja sama mensukseskan pelantikan. "Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tersebut adalah bukti kita telah melangkah maju melaksanakan demokrasi yang baik," kata dia.

Muzani resmi terpilih sebagai Ketua MPR RI yang disepakati lewat paripurna yang dipimpin oleh Ketua MPR RI. Rapat gabungan yang digelar sehari sebelumnya telah menyepakati Muzani sebagai Ketua MPR lima tahun mendatang.

"Apakah hasil rapat gabungan terkait pimpinan MPR periode 2024-2029 dan keputusan penetapan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR 2024-2029 dapat disetujui?" kata pimpinan sementara MPR Guntur Sasono diikuti kesepakatan anggota lainnya.

Selain Muzani, disepakati pula 8 Wakil Ketua MPR yang terdiri dari 7 fraksi dan 1 perwakilan DPD. Salah satu nama yang menjadi Wakil Ketua MPR adalah politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

Nama lain yang menjadi wakil ketua adalah putra Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Edhy Baskoro alias Ibas hingga bos Lio Air Group Rusdi Kirana. Berikut susunan lengkap pimpinan MPR 2024-2029:

Ketua MPR: Ahmad Muzani

Wakil Ketua MPR: Bambang Wuryanto (PDIP)

Wakil Ketua MPR: Kahar Muzakir (Golkar)

Wakil Ketua MPR: Lestari Moerdijat (Nasdem)

Wakil Ketua MPR: Rusdi Kirana (PKB)

Wakil Ketua MPR: Hidayat Nur Wahid (PKS)

Wakil Ketua MPR: Eddy Soeparno (PAN)

Wakil Ketua MPR: Edhy Baskoro Yudhoyono (Demokrat)

Wakil Ketua MPR: Abcandra Muhammad Akbar Supratman (DPD)


Reporter: Ade Rosman