Deret Suami-Istri dan Orang Tua-Anak jadi Anggota DPR, Ahmad Muzani hingga Puan

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah anggota DPR melambaikan tangan dan menunjukkan papan nama dirinya usai mengikuti Rapat Paripurna DPR Penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang 2024-2025 Keanggotaan DPR RI 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).
Penulis: Ira Guslina Sufa
4/10/2024, 16.44 WIB

Sebanyak 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (1/10). Menurut data yang diterbitkan oleh Sekretariat Jenderal DPR lebih dari separuh anggota DPR yang sekarang terpilih merupakan wajah lama alias petahana yang telah berkiprah pada periode 2019-2024. 

Berdasarkan data resmi DPR, sebanyak 307 anggota atau 52,9% dari total anggota yang dilantik merupakan petahana. Sementara itu, 273 orang lainnya atau 47,1% adalah wajah baru. 

Bila dibanding periode sebelumnya, jumlah petahana periode ini lebih banyak. Pada periode 2019-2024 hanya diisi oleh 47% atau 270 orang yang merupakan anggota lama. Adapun komposisi anggota DPR oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mendapatkan 110 kursi menjadikannya partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPR. Di sisi lain, Partai Demokrat menempati posisi terbawah dengan hanya meraih 44 kursi.

Di tengah gegap gempita wajah baru DPR, banyak pula publik yang menyoroti sejumlah anggota DPR yang terikat kekerabatan dan lolos secara bersamaan. Ada yang hubungan ayah atau ibu dan anak, ada pula yang memiliki hubungan suami istri. Berdasarkan catatan, terdapat 17 anggota DPR yang memiliki hubungan kekerabatan dekat dan sama-sama duduk di DPR. 

Daftar anggota DPR yang memiliki hubungan suami istri dan orang tua anak

Puan Maharani -  Diah Pikatan Orissa Putri Harapan

Puan saat ini terpilih kembali menjadi Ketua DPR setelah pada periode 2019-2024 menempati jabatan yang sama. Putri presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri itu duduk di DPR setelah terpilih dari daerah pemilihan Jawa Tengah V. 

Bersamaan dengan terpilihnya Puan, anaknya Diah Pikatan Orissa Putri Haprani, juga terpilih dari daerah pemilihan Jawa Tengah IV. Di dapil itu perempuan bernama Pinka itu maju dengan nomor urut I. 

Mulan Jameela - Ahmad Dhani 

Sebelum menjadi anggota DPR Mulan dikenal sebagai seorang artis papan atas. Ia telah lebih dulu duduk menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Pada periode ini ia kembali terpilih dari daerah pemilih Jawa Barat XI. 

Bersamaan dengan terpilihnya Mulan, suamina Ahmad Dhani juga menyusul mendapat mandat dari pemilu ke Senayan. Dhani yang merupakan musisi dan pentolan grup band Dewa itu terpilih dari Dapil Jawa Timur I. 

Ahmad Muzani - Himmatul Aliyah

Ahmad Muzani merupakan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra yang kini menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) melenggang kembali ke Senayan dari Daerah Pemilihan Lampung. Di DPR ia akan bertugas bersama istrinya Himmatul Aliyah, yang terpilih dari daerah pemilihan DKI Jakarta II. 

Sugiono - Marlyn Maisarah

Deret anggota DPR lain yang memiliki hubungan suami istri adalah dua politikus Gerindra Marlyn Maisarah, dan Sugiono. Sugiono merupakan anggota DPR periode 2019-2024 yang terpilih kembali melalui dapil Jawa Tengah I. Sementara itu istrinya Marlyn terpilih dari Dapil Jawa Barat V. 

Said Abdullah - Kaisar Kiasa Kasih Said Putra

Tak hanya Puan dan Pinka, PDIP juga punya dua perwakilan lain yang memiliki hubungan orang tua - anak. Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Said Abdullah terpilih kembali dari Dapil Madura untuk kelima kalinya. 

Pada periode ini ia akan bertugas bersama anak sulungnya Kaisar Kiasa Kasih Said Putra yang terpilih Senayan dari dapil Jawa Tengah VIII yaitu Cilacap dan Banyumas. Adapun Said pada periode sebelumnya menjabat Ketua Badan Anggaran DPR. 

Viktor Laiskodat - Julie Laiskodat

Pasangan suami istri Viktor Laiskodat dan Julie Laiskodat melenggang ke DPR dari partai Nasional Demokrat (NasDem0. Viktor dari dapil Nusa Tenggara Timur II dan Julie dari dapil NTT I. Naiknya Viktor ke Senayan terjadi setelah peraih suara terbanyak dari NasDem di dapil tersebut yaitu Ratu Ngadu Wulia mundur setelah dinyatakan terpilih. 

Viktor menjabat Gubernur NTT pada periode 2018-2023.  Sebelum menjadi Gubernur Viktor telah berkiprah di Senayan pada periode 2004-2009 dari Partai Golkar dan 2014-2018 dari Partai NasDem. 

Fatmawati Rusdi - Rusdi Masse Mappasessy

Dua anggota DPR lainnya yaitu Fatmawati Rusdi dan Rusdi Masse Mappasessy merupakan dua wakil rapat dari partai NasDem. Keduanya terpilih dari Sulawesi Selatan meskipun dari dapil berbeda. 

Fatmawati melenggang ke Senayang untuk periode 2024-2029 dari dapil Sulsel I. Sementara itu Rusdi terpilih dari dapil Sulsel III yang terdiri dari Kabupaten Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Pinrang, Sidenreng Rappang, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Kota Palopo. 

Kahar Muzakir-Dewi Yustisiana- Wahyu Sanjaya 

Anggota DPR lainnya yang terpilih ke Senayan dengan hubungan orang tua dan anak adalah Kahar Muzakir dan Dewi Yustisiana. Kahar merupakan politikus Golkar yang terpilih dari daerah pemilihan Sumatera Selatan II. Demikian pula anak kandungnya Dewi Yustisiana juga terpilih dari daerah pemilihan Sumsel II. 

Anak Kahar lainnya yang juga melenggang ke Senayan adalah Wahyu Sanjaya yang maju dari Partai Demokrat dari dapil yang sama. Wahyu sudah duduk di DPR sejak periode 2019-2024.