Partai Buruh Dukung Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta, Deklarasi Hari Ini

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Sejumlah simpatisan Partai Buruh mengikuti peringatan Tiga Tahun Kebangkitan Klas Buruh di Istora, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2024).
11/10/2024, 11.30 WIB

Partai Buruh menyatakan dukungan terhadap pasangan calon Ridwan Kamil - Suswono di Pilgub Jakarta. Ketua Exco Partai Buruh Jakarta sekaligus Ketua Perwakilan Daerah KSPI DKI Jakarta, Winarso mengatakan, pasangan itu dinilai sejalan dengan buruh sehingga dukungan diberikan.

"Kami mendasarkan keputusan ini pada rekam jejak mereka yang selaras dengan aspirasi buruh," kata Winarso dalam keterangannya, Jumat (11/10).

Winarso mengatakan, Partai Buruh akan mendeklarasikan secara resmi dukungan terhadap RK-Suswono pada Jumat (11/10). Rencananya, deklarasi itu akan digelar di Gedung KNPI, Rawamangun, Jakarta Timur.

Winarso mengatakan, kelompok buruh menitipkan beberapa aspirasi pada RK - Suswono melingkupi kenaikan upah minimum dan perbaikan status pekerja. Apalagi menurutnya saat ini banyak buruh yang tak memiliki kepastian kerja.

"Banyak dari mereka yang diangkat hanya untuk enam bulan, lalu diberhentikan, atau diperpanjang kontraknya selama satu tahun tanpa jaminan masa depan," kata dia.

Selain itu, ia juga berharap RK - Suswono dapat menghadirkan lapangan kerja baru di Jakarta. Ia mengatakan saat ini jumlah pengangguran di Jakarta mencapai 327 ribu orang.

"Kami berharap gubernur yang terpilih nanti mampu menciptakan inovasi dalam penyediaan lapangan kerja," katanya.

Ia mengklaim, dukungan terhadap RK-Suswono tak hanya diikuti oleh Partai Buruh dan serikat buruh, tetapi juga melibatkan berbagai elemen masyarakat. Winarso mengatakan dukungan diberikan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

"Mereka telah mengajukan izin kepada saya untuk ikut serta dalam deklarasi ini karena memiliki harapan yang sama dengan kami, yakni gubernur yang mampu menciptakan peluang kerja," kata Winarso.

Di sisi lain, Wakil Presiden Partai Buruh Agus Supriadi menyatakan, mendukung penuh keputusan jajaran Partai Buruh Jakarta mendukung RK - Suswono. "Dengan mempertimbangkan berbagai faktor, kami percaya bahwa Ridwan Kamil dan Suswono adalah pilihan terbaik bagi warga Jakarta," kata dia.

Reporter: Ade Rosman