Deretan Survei Terbaru Pilgub Banten, Airin Ungguli Andra Soni

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua KPU Provinsi Banten Mohamad Ihsan (kanan) dan Ketua Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal (kiri) berfoto bersama pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Airin Rachmi Diany (kedua kanan) dan Ade Sumardi (kedua kiri) usai pendaftaran peserta Pilgub Banten di Kantor KPU Provinsi Banten, Kota Serang, Banten, Rabu (28/8/2024). Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub Banten 2024 dengan dukungan tujuh partai yakni PDIP, Golkar, PBB, PKN, Partai Buruh, P
11/10/2024, 12.41 WIB

Pemilihan Kepala Daerah Banten Diikuti dua pasangan calon yakni Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni-Dimyati Natakusumah. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Banten akan menggelar debat perdana untuk kedua paslon itu pada 16 Oktober 2024 mendatang.

Jelang debat perdana yang akan digelar pekan depan, sejumlah survei elektabilitas mulau bermunculan. Dari sejumlah hasil penjaringan opini, pasangan Airin-Ade masih unggul signifikan dari Andra Soni-Dimyati.

Berikut sejumlah hasil survei:

Katadata Telco Survey

Dalam survei bertajuk Katadata Telco Survey itu, pasangan Airin-Ade Sumardi memimpin dengan elektabilitas 49,3%. Sedangkan Andra Soni-Dimyati Natakusumah hanya mendapat 11,3% suara responden. Sebanyak, 39,4% responden lainnya belum menentukan pilihan.

Dalam simulasi top of mind, Airin dipilih oleh 32,1% responden, sedangkan Andra Soni dipilih 7,3% responden. Mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu memiliki tingkat popularitas 71,1%. Sedangkan Andra Soni, hanya dikenali 35,2% responden.

Survei bertajuk 'Elektabilitas Pilkada Enam Provinsi & Kepuasan Terhadap Pemerintah' ini dilakukan pada 4-9 September 2024 dengan menyasar kepada 800 responden pada tiap provinsi. Populasi sampel merupakan penduduk yang memiliki hak pilih dan menggunakan nomor telepon selular Telkomsel.

Penarikan data survei dilakukan dengan sambungan telepon melalui platform survei daring dari Telkomsel, tSurvey. Platform pengumpulan data ini mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight.

Dengan menggunakan metode pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD), temuan survei itu memiliki toleransi kesalahan 3.5% pada tingkat kepercayaan 95% di tiap provinsi.

LSI

Gambaran lainnya dipotret oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Dalam survei itu, elektabilitas Airin mencapai 77,3% dalam simulasi head to head. Sedangkan Andra Soni mendapatkan 10%. Masih ada 12,7% responden yang belum menentukan pilihan.

Adapun, jika simulasi dilakukan per pasangan, Airin-Ade mendapat 73,7% suara responden, sedangkan Andra-Dimyati mendapat 14,1%.

Andra Soni-Dimyati daftar Pilgub Banten (ANTARA FOTO/Angga Budhiyanto/gp/tom.)

Survei ini dilakukan pada 27 Juli hingga 4 Agustus 2024, dengan menggunakan metodologi survei tatap muka. Populasi warga Banten berusia 17 tahun ke atas dengan sampel sebanyak 800 orang, dan menggunakan pola random sampling dengan margin of error -/+3,5%, serta tingkat kepercayaan 95%.

Alvara

Alvara Strategi Indonesia juga merilis hasil survei mereka pada Agustus lalu. Dalam simulasi delapan nama yang digadang maju sebagai cagub, nama Airin berada pada nomor satu yakni 46,8%.

Sedangkan Andra Soni mendapatkan elektabilitas 6,4%. Elektabilitas Andra bahkan kalah dari Wali Kota Tangerang 2013-2023 Arief Wismansyah yang dipilih 24,1%.

Survei dilakukan Alvara pada 13 hingga 19 Agustus 2024 kepada 815 responden. Survei ini memiliki margin of error +-3,43% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Reporter: Ade Rosman