Profil Ketum PAN Yandri Susanto yang Dipanggil Prabowo ke Kartanegara

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto (tengah) bersama Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) bersiap menggelar konfrensi pers usai mengadakan pertemuan di Kantor DPP PAN, Jakarta.
15/10/2024, 14.19 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh untuk bertemu di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, pada Senin (14/10). Salah satu tokoh yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto.

Dalam pertemuan singkat tersebut, Prabowo meminta Yandri untuk bersedia membantu dalam pembentukan kabinet. Yandri mengungkapkan bahwa ia sempat ditanya mengenai kesiapan untuk menduduki posisi menteri. Addapun kabar beredar bahwa Yandri kemungkinan akan menjabat sebagai Menteri Desa, namun ia belum bisa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai isu tersebut.

Ia menegaskan bahwa keputusan mengenai penetapan menteri sepenuhnya diserahkan kepada Prabowo, dan ia baru mendapatkan pemberitahuan untuk hadir di Kertanegara sekitar pukul 12.00 WIB siang hari.

Siapakah Yandri Susanto?

Ia merupakan kelahiran Bengkulu Selatan pada 7 November 1974. Pria yang sebentar lagi genap berusia 50 tahun ini merupakan Wakil Ketua Umum PAN.

Ia menyenyam pendidikannya di Bengkulu, bahkan Yandri merupakan jebolan Universitas Bengkulu dan meraih gelar sarjana. Lalu Yandri melanjutkan pendidikan untuk gelar master di Universitas KH Abdul Chalim.

Dia memulai karier politiknya dan bergabung ke Partai PAN. Karirnya politiknya yang terus menanjak mengantarkan dirinya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada pemilihan umum 2014 mewakili daerah pemilihan Banten.

Ia menduduki beberapa peran seperti bergabung dalam Komisi VIII DPR RI. Lalu mendapat posisi Wakil Ketua MPR RI pada periode 2019-2024. Karir politiknya yang cemerlang, membuat Yandri mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Wakil Ketua Umum PAN.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan sejumlah nama tokoh mulai berdatangan. Ada yang merupakan kader partai dan ada pula yang tidak berlatang belakang partai.

Adapun, Prabowo - Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Nama-nama yang akan mengisi kursi menteri dikabarkan akan langsung diumumkan pada hari yang sama dengan pelantikan Prabowo. 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail