Program Makan Bergizi Gratis Prabowo Jalan Januari 2025, Bidik 20 Juta Orang

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/agr
Pelajar menunjukan makanan bergizi gratis saat uji coba pemberian makanan bergizi gratis di Lapangan Draci
22/10/2024, 18.00 WIB

Presiden Prabowo Subianto akan memulai program makan bergizi gratis awal tahun depan. Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan, Budiman Sudjatmiko, mengatakan sasaran penerima program ini mencapai 20 juta penerima. 

Dalam program janji kampanye Prabowo ini, Budiman bertugas untuk menjamin keterlibatan masyarakat miskin untuk menjadi pemasok bahan pangan. Beberapa adalah beras, telur dan sayuran.  

“Tahun pertama itu sekitar 20-25 juta. Saya berkewajiban melibatkan orang miskin dalam proses produksi beras, telur, sayuran untuk suplai makan gratis di tahun 2025,” kata Budiman saat ditemui di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (22/10).

Budiman mengatakan, dirinya akan berupaya untuk mengajak pihak perbankan agar dapat memberikan akses modal dan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga rendah kepada masyarakat miskin.  

“Agar orang miskin bisa bikin kandang untuk kandang ayam agar bisa suplai ayam dan telur sehingga Badan Gizi Nasional bisa menerima,” ujarnya.

Namun Budiman mengaku tidak tahu menahu soal besaran porsi makan gratis. Dia juga enggan menjawab soal wilayah prioritas yang akan menjadi sasaran utama distribusi makan gratis gelombang pertama.

“Belum kami identifikasi, dan itu urusan Badan Gizi Nasional. Saya hanya setor data orang miskin untuk terlibat dalam suplai beras, telur dan sayuran,” kata Budiman.

Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana mengatakan penyaluran makan gratis akan berjalan mulai 2 Januari 2025.  Ia mengatakan, pelaksanaan program akan dimulai pada daerah percontohan selama 8 bulan. Selanjutnya program serupa akan disalin ke seluruh Indonesia. 

“Sehingga kami akan mendapatkan kelebihan, kekurangan, termasuk struktur menu di masing-masing daerah. Nah itu akan didapatkan jika dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia,” kata Dadan kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Senin (19/8).

Beberapa hal yang bisa ditetapkan ini misalnya standar gizi, komposisi menu, hingga komposisi kandungan. Namun, menu makan bergizi gratis ini akan berbeda, tergantung daerah masing-masing.

Di sisi lain, ia memastikan total anggaran untuk program makan bergizi gratis sejumlah Rp 71 triliun. Anggaran ini tidak akan dibagi ke kementerian lain, hanya untuk badan gizi. Angka ini juga sudah mencakup pembayaran seluruh pegawai.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu