Riset: Masyarakat Belanja Online Kebutuhan Ramadan Mulai Februari

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp
Sebagian masyarakat memilih belanja online untuk memenuhi kebutuhan ramadan.
Penulis: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
12/1/2023, 15.41 WIB

Mayoritas masyarakat Indonesia sudah bersiap untuk belanja online untuk kebutuhan Ramadan tahun ini. Pengalaman masa pandemi mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan Ramadan tahun ini.

Hasil ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh The Trade Desk (NASDAQ: TTD) dan lembaga riset YouGov terhadap lebih dari 2.000 penduduk Indonesia. Temuan survei ini diungkapkan pada acara Ramadan Success with The Trade Desk bersama dengan Muslim Pro, Tokopedia dan Vidio.

General Manager Indonesia The Trade Desk Purnomo Kristanto mengatakan masyarakat melakukan riset persiapan belanja daring dimulai lebih awal dari bulan Ramadan yakni sekitar Februari.

“Sebagai bagian dari perjalanan belanja mereka, konsumen akan memulai riset untuk belanja daring mereka sebulan sebelum Ramadan,” kata Purnomo, dikutip Kamis (12/1).

Berdasarkan hasil riset itu, belanja daring masyarakat Indonesia sangat berkaitan dengan kapan mereka menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Berdasarkan data, sebanyak 53% masyarakat Indonesia berencana untuk menggunakan THR-nya di bulan Ramadan dibanding menabungkannya.

Purnomo menjelaskan, berdasarkan data agregat dari lima situs e-commerce terkemuka di Indonesia, aktivitas daring seperti ini diperkirakan akan memuncak pada 7–10 hari sebelum Idul Fitri. “Waktu di mana masyarakat Indonesia umumnya telah menerima THR mereka,” katanya.

Purnomo mengatakan informasi ini memberi peluang besar bagi para brand untuk menjangkau konsumen mereka di waktu yang tepat.

Hasil riset juga menunjukkan beberapa produk yang hendak dibelanjakan oleh masyarakat, seperti:

  • hampers
  • pakaian dan aksesoris
  • vitamin atau suplemen
  • perlengkapan ibadah
  • grocery

Adapun faktor pendorong masyarakat memilih untuk melakukan belanja online, yakni:

  • Banyak promo atau diskon (60%)
  • Harga lebih murah (53%)
  • Mudah melakukan perbandingan harga (49%)
  • Praktis dan cepat (48%)
  • Banyak opsi pembayaran (46%)
Reporter: Lenny Septiani