Fitur live streaming TikTok Shop lebih banyak dipilih ketimbang Shopee di Indonesia. Namun jika ditinjau di Asia Tenggara, Shopee lebih unggul.
Itu berdasarkan survei perusahaan e-logistik Ninja Van terhadap 316 pedagang di Indonesia pada November 2022. Survei bertujuan memahami fenomena berbelanja menggunakan live streaming.
“Hasilnya, sekitar 27,5% responden Indonesia menggunakan TikTok,” demikian dikutip dari laporan survei, Jumat (27/1). Rinciannya sebagai berikut:
- TikTok (27,5%)
- Shopee (26,5%)
- Lazada (20,1%)
- Instagram (12,2%)
- Facebook (10,1%)
- YouTube (3,7%)
Satu dari tiga responden merupakan liveseller atau penjual menggunakan fitur siaran langsung. Sebagian besar berjualan baju, kecantikan dan perawatan tubuh, makanan dan minuman hingga perlengkapan rumah.
Laporan Ninja Xpress menunjukkan, nilai transaksi (GMV) TikTok meningkat hingga 411%. Pesanan di TikTok Shop naik hingga 564,1% dibandingkan periode sebelumnya.
Di Asia Tenggara, Shopee memimpin pasar. Rinciannya sebagai berikut:
- Shopee 27%
- Facebook 25,5%
- TikTok 22,5%
- Lazada 15%
- Instagram 7%
- YouTube 3%
Ada tiga alasan utama penjual berjualan di fitur live streaming, yakni:
- Membawa pelanggan baru
- Menjadi cara yang baik untuk menjalin hubungan lebih erat dengan pelangga
- Menciptakan buzz dan kesadaran dari penjual, sehingga diharapkan meningkatkan minat beli