Perbandingan Jenis Konsumen Shopee, Tokopedia, JD.ID hingga Lazada

Katadata/Desy Setyowati
Shopee, Blibli, Tokopedia, Bukalapak
Penulis: Lenny Septiani
28/3/2023, 12.47 WIB

Konsumen di Indonesia mayoritas bertransaksi di lebih dari satu platform, menurut laporan Jakpat. Namun hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan.

“Secara umum, transaksi rata-rata pengguna selama semester II 2022 Rp 475.810 dalam sebulan. Segmen yang berbelanja lebih dari nilai ini yakni laki-laki, gen X, dan milenial,” demikian dikutip dari laporan Jakpat, Selasa (28/3).

Berikut perbandingan demografi konsumen JD.ID, Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli di Indonesia:

Perbandingan demografi konsumen Shopee, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, Lazada, dan Blibli selama Semester II 2022 (Jakpat)

Data tersebut berdasarkan survei terhadap 1.486 pelanggan e-commerce selama Agustus – Desember 2022. Tingkat kesalahan atau margin of error 5%.

Berdasarkan data itu, hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan (56%). Sedangkan yang lainnya laki-laki yakni:

  • JD.ID didominasi oleh pelanggan laki-laki (55%)
  • Blibli (53%)
  • Tokopedia (58%)
  • Lazada (55%)
  • Bukalapak (70%)

Milenial mendominasi jumlah pelanggan di keenam e-commerce itu.

Reporter: Lenny Septiani