Pengguna Tokopedia tercatat lebih loyal ketimbang Shopee dan Lazada, menurut survei Populix. Ketiga e-commerce ini dinilai menjadi merek utama di Indonesia.
“Dari ketiganya, Tokopedia menjadi brand yang paling sering dikatakan pertama kali,” kata Head of Research Populix Indah Tanip saat konferensi pers bertajuk ‘Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Membeli Produk Elektronik, Rumah Tangga, dan Kesehatan Melalui E-commerce’, Selasa (29/8).
Populix menggelar survei terhadap 1.005 responden berusia 18 - 44 tahun selama 10 – 26 Juli. Responden merupakan pengguna internet aktif, konsumen e-commerce, dan membeli produk elektronik rumah tangga atau kesehatan dari e-commerce dalam satu bulan terakhir.
Berdasarkan survei tersebut, e-commerce yang paling diingat oleh masyarakat sebagai berikut:
Indah menjelaskan Tokopedia memiliki tingkat konversi tinggi dalam hal retensi atau konversi dari penggunaan selama sebulan terakhir. Hal ini menjadikan Tokopedia memiliki pengguna paling loyal dibandingkan Shopee hingga Lazada.
Terkait loyalitas, Lazada, Bukalapak, dan Blibli menjadi opsi lain bagi konsumen. “Meski begitu, Shopee memiliki performa terbaik dalam hal membuat konsumen mencoba platform,” kata dia.
Rincian penggunaan layanan tiap e-commerce sebagai berikut:
Tokopedia
- Dalam 12 bulan terakhir 60%
- Dalam 3 bulan terakhir 54%
- Dalam satu bulan terakhir 50%
- Merek yang paling sering digunakan 45%
Shopee
- Dalam 12 bulan terakhir 79%
- Dalam 3 bulan terakhir 71%
- Dalam satu bulan terakhir 57%
- Merek yang paling sering digunakan 43%
“Shopee lebih cenderung mampu mengonversi orang-orang yang sebelumnya sadar, menjadi mencoba untuk berbelanja,” ujar Indah.
Namun, Shopee kehilangan pengguna yang menjadikannya sebagai aplikasi yang paling sering digunakan.
Sementara Lazada, Bukalapak, dan Blibli memiliki konversi kesadaran menjadi pengguna dalam 12 bulan terakhir, yang lumayan rendah.