Penyanyi sekaligus pebisnis Aurel Hermansyah meraup kuantitas penjualan hingg alebih dari 16 ribu produk. Hal ini diperolehnya dari sesi live shopping Shopee Live @tokomamanur, pada puncak perayaan Shopee 9.9 Super Shopping Day, 9 September 2023.
Anak Kris Dayanti dan Anang Hermansyah ini lihai memberikan review produk untuk penonton Shopee Live. Ditambah, pembawaan Aurel yang humoris sehingga menambah antusias penonton untuk berbelanja.
Sesi live streaming Aurel di Shopee Live ini sebetulnya bukanlah yang pertama kali. Dia juga pernah membantu mendatangkan belasan ribu penjualan ketika memandu live sebuah jenama kecantikan.
Daya tarik lain dari Shopee 9.9 Super Shopping Day selain kehadiran Aurel adalah promo-promo menggiurkan. Misalnya Shopee Live Semua Diskon 50 persen 24 Jam, Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, hingga Flash Sale Mobil 9RB.
Promo 9RB juga berlaku untuk beberapa produk menarik lainnya di dalam Flash Sale Shopee 9.9 Super Shopping Day. Contohnya smartphone, produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.
Di dalam live streaming interaktif Shopee Live, Aurel Hermansyah alias Mama Nur berhasil menjual belasan ribu produk. Penonton berbondong-bondong membeli berbagai pilihan produk yang dipromosikannya dengan promo menarik Gratis Ongkir Rp0 dan Diskon 50 persen.
Jenis produk yang terlaris adalah perawatan kulit, aksesoris elektronik, dan fesyen. Apresiasi juga disampaikan Aurel untuk seluruh pengguna setia Shopee melalui unggahannya di Instagram, pada 12 September 2023.
"Terima kasih Sobat Shopee, berkat kalianlah, saat puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day kemarin, sesi live streaming Toko Mama Nur berhasil menjual lebih dari 16 ribu produk,” tulis Aurel melalui laman Instagram.
Bukan cuma Toko Mama Nur yang kebanjiran pembeli, berbagai brand lokal juga ikut merasakan penjualan yang meningkat. Misalnya, merek kecantikan BHUMI yang berhasil meningkatkan transaksi penjualan hingga 27 kali lipat.
Ada juga merek fesyen pria Geoff Max yang mencatat peningkatan transaksi hingga 130 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Semua ini berkat fitur interaktif serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live.
Selain jumlah angka penjualan yang menembus lebih dari 16 ribu bersama Aurel, masih ada sejumlah pencapaian Shopee lain saat 9.9 Super Shopping Day. Misalnya, peningkatan penjualan produk 30 kali lipat melalui fitur Shopee Live.
Tak hanya itu, antusias masyarakat juga bertambah ntuk menyaksikan Shopee Live, ditonton tujuh kali lipat pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day dibandingkan dengan hari biasa.
Tingginya minat masyarakat Indonesia dalam berbelanja secara daring menggunakan fitur live shopping interaktif terbukti. Merujuk kepada riset bertajuk Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia oleh Populix pada Mei 2023 diketahui, Shopee Live adalah platform live shopping paling disukai masyarakat.
Pada riset tersebut, sebanyak 69 persen responden Populix menyebut Shopee Live adalah Brand Used Most Often (BUMO) atau brand fitur live shopping yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia.
Riset yang sama menunjukkan Shopee Live adalah brand Top of Mind (TOM) alias merek yang paling diingat masyarakat Indonesia ketika berbicara soal live streaming shopping, dipilih 60 persen responden.
Shopee Live juga diakui sebagai pemimpin pasar dengan menunjukan porsi pangsa pasar dari segi jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Di kategori Pangsa Pasar Jumlah Transaksi (Share of Orders), Shopee Live merajai dengan 56 persen. Sementara itu, untuk Pangsa Pasar Nilai Transaksi (Share of Revenue) Shopee Live memimpin dengan 54 persen.