TikTok resmi mengakuisisi saham Tokopedia dari GoTo. Pembeli bisa mulai berbelanja besok (12/12) dan perusahaan menyediakan diskon.
Pedagang yang sudah terdaftar di TikTok Seller pun sudah bisa mengelola produk dan toko mulai hari ini (11/12).
“Mulai Senin (11/12) pukul 09.00 WIB, seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center,” kata TikTok kepada para mitra pedagang melalui notifikasi di aplikasi TikTok Seller, Senin (11/12).
Sementara itu, konsumen baru bisa berbelanja atau membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi LIVE di aplikasi TikTok pada Selasa (12/12).
Melalui kemitraan strategis itu, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.
Kemitraan strategis TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.
Program yang akan diluncurkan di masa uji coba itu adalah kampanye Beli Lokal yang dimulai besok (12/12) atau bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.
Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan para pengguna berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit.
“TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce,” demikian dikutip dari keterangan pers, Senin (11/12).
Selain itu, mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM.