Permintaan Jasa Host Live Streaming Shopee hingga TikTok Melonjak

ANTARA FOTO/Rina Nur Anggraini/sgd/foc.
Seorang pedagang memasarkan dagangannya melalui live TikTok Shop di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (4/1/2024).
Penulis: Lenny Septiani
10/1/2024, 12.56 WIB

Permintaan jasa host live streaming melonjak 136% secara tahunan atau year on year (yoy) pada tahun lalu, menurut laporan Sribu.com. Jasa ini biasanya digunakan di e-commerce seperti Shopee, TikTok x Tokopedia hingga Lazada maupun media sosial.

“Ini menandakan peningkatan minat dan kebutuhan user akan penggunaan jasa host live streaming di platform Sribu.com," kata CMO Sribu.com Alexandro Wibowo kepada Katadata.co.id, Selasa (9/1).

Host live streaming yakni orang yang menjual produk lewat fitur siaran langsung di e-commerce seperti Shopee, TikTok x Tokopedia hingga Lazada.

“Banyak dari UMKM memerlukan jasa freelancer yang relatif cukup baru ini, termasuk di host live streaming,” Alexandro menambahkan.

Menurut dia, fitur live streaming untuk belanja tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga mendorong interaksi real-time dan meningkatkan keterlibatan konsumen saat berbelanja online.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani