DANA Catat Kinerja Positif, Transaksi QRIS Naik 272% Pada 2023

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/YU
ilustrasi.
Penulis: Lenny Septiani
Editor: Agustiyanti
31/1/2024, 09.25 WIB

Unicorn startup fintech dompet digital DANA mencatat kenaikan sejumlah transaksi sepanjang 2023. Transaksi QRIS melalui DANA naik 272% dibandingkan 2022. 

VP Product of DANA Indonesia Adri Awwal menjelaskan, kenaikan kinerja DANA menunjukkan antusiasime pengguna terhadap fitur yang dihadirkan. Kinerja ini juga menggambarkan kemampuan DANA memenuhi gaya hidup finansial para penggunanya. 

Selain lonjakan pada transaksi QRIS, transaksi pada fitur Kirim Uang juga naik sebesar 147% pada tahun lalu. Jumlah pengguna DANA naik 23% menjadi 170 juta dan pengguna layanan asuransi DANA Siaga naik hingga sembilan kali lipat. 

“Pertumbuhan positif ini tentu menunjukkan tingkat adopsi yang tinggi terhadap jasa pembayaran dan layanan keuangan digital oleh masyarakat, serta kepercayaan pengguna terhadap dompet digital DANA," ujar Adri dalam keterangan pers, Selasa (30/1).

Adri menjelaskan, fokus pertumbuhan DANA sepanjang tahun 2023 adalah menjadi dompet digital kepercayaan pengguna melalui inovasi yang berfokus pada kemudahan layanan dan keamanan transaksi. Dana, terutama fokos meningkatkan  digitalisasi UMKM di Indonesia dalam rangka memberdayakan UMKM untuk go digital. 

DANA juga tercatat sebagai dompet digital pertama yang menjadi peserta peluncuran implementasikan perdana QR Cross Border di tiga negara berturut-turut pada tahun lalu, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura. 

“Implementasi QR Cross Border ini menjadi wujud kontribusi DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dari Bank Indonesia, serta menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN,” kata Adri.

Inisiatif ini, menurut dia,  diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi digital lintas negara dan mengakses berbagai layanan keuangan digital yang tersedia. Selain itu, pihaknya juga akan memastikan tingkat keamanan menjadi prioritas. 

“Kami akan terus berkomitmen untuk memastikan kerjasama antar pemangku kepentingan  tetap terjalin dengan baik demi upaya mewujudkan Indonesia cashless society.”

Selain dari sisi layanan transaksi keuangan, DANA juga mencatat pertumbuhan positif pada layanan keuangan digital. Ini terbuktu dari pengguna layanan DANA Siaga naik hingga sembilan kali lipat. 

DANA juga menjalani berbagai program yang berfokus mendorong inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai komunitas di seluruh kalangan, seperti anak muda, perempuan, hingga penyandang disabilitas.  Salah satunya yakni program SisBerdaya yang melibatkan lebih dari 2.400 wirausaha perempuan dari berbagai daerah di Indonesia, dan berkesempatan untuk megembangkan bisnisnya melalui program mentoring dan pendampingan SisBerdaya.

Reporter: Lenny Septiani