Transaksi Shopee, TikTok Dkk di RI Rp543 T, Ini Daftar Produk Terlaris

Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada
Penulis: Lenny Septiani
4/3/2024, 12.19 WIB

Transaksi e-commerce seperti Shopee, TikTok x Tokopedia, Lazada hingga Blibli US$ 34,51 miliar atau sekitar Rp 543 triliun tahun lalu, menurut data We Are Social. Produk elektronik dan makanan menjadi yang tertinggi dari sisi nilai.

Rincian produk yang paling laris dari sisi nilai di Shopee, TikTok x Tokopedia, Lazada hingga Blibli di Indonesia tahun lalu sebagai berikut:

Alasan konsumen berbelanja di Shopee, TikTok x Tokopedia, Lazada hingga Blibli sebagai berikut:

  • Kupon dan diskon 52,3
  • Ulasan pelanggan 48,2
  • Pengiriman gratis 47,4%
  • Pembayaran online sederhana 45,5
  • Komentar & tanggapan masyarakat 32,7%
  • Pembayaran tunai pada saat pengiriman 31,2
  • Kebijakan pengembalian barang yang mudah 29,8%
  • Pengiriman di hari berikutnya 28,5%
  • Click and collect 20,3%
  • Kredensial ramah lingkungan 20%
  • Poin loyalitas 17,7
  • Tombol pembelian sosial 13,7%
  • Konten dan layanan eksklusif 9,7%
  • Pembayaran tanpa bunga 9,4%
  • Guest checkout 7,9%

Sementara itu, kebiasaan belanja online mingguan masyarakat Indonesia, yakni:

  • Membeli produk atau layanan secara online 59,3%
  • Memesan bahan makanan melalui toko online 34,4%
  • Membeli barang bekas melalui toko online 10,8%
  • Menggunakan layanan perbandingan harga online 14,1%
  • Menggunakan layanan beli sekarang, bayar nanti 38,7%
Reporter: Lenny Septiani