Banyak pemudik yang membeli tiket perjalanan menggunakan paylater atau kredit, salah satunya lewat Kredivo. Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sudah memprediksi penggunaan paylater masyarakat Indonesia akan naik 13 persen selama ramadan.
Kredivo ungkap masyarakat ramai pakai paylater untuk tiket perjalanan. Masyarakat sengaja membeli tiket mudik dari jauh-jauh hari dengan memanfaatkan paylater.
“Memang ada peningkatan pada segmen travel, terutama bertepatan dengan ada promo-promo dari KAI dan platform seperti Tiket.com,” ujar SVP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari dalam acara Paylater 101: Tren, Pola, hingga Dampak Penggunaan di Jakarta, Rabu (20/3).
Kredivo juga mencatat tren belanja offline masyarakat menggunakan paylater pada Ramadan tahun lalu dibandingkan tahun sebelumnya. Yakni produk kategori elektronik, kesehatan dan kecantikan, makanan, buku dan alat tulis kantor (ATK), dan fesyen.
Belanja kategori produk elektronik dengan paylater tahun lalu naik sebesar 38 persen. Kategori produk kesehatan, kecantikan, dan fesyen naik 2-3 kali lipat. Adapun, kategori produk makanan naik 20 persen.
Data internal Sirclo mengungkapkan lima kategori teratas yang paling sering diminati oleh konsumen online selama Ramadhan 2023 di e-commerce, yaitu kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman dan fesyen.
Berdasarkan data internal Sirclo, basket size atau transaksi rata-rata pengguna untuk kategori fesyen meningkat 12% selama Ramadhan.
Data The Trade Desk menunjukkan bahwa satu dari tiga konsumen Indonesia cenderung berbelanja lebih banyak selama Ramadhan. YouGov melaporkan terdapat peningkatan pengeluaran di berbagai kategori saat Ramadhan, di antaranya:
Makanan dan minuman (43%)
Fesyen dan aksesoris (27%)
Kecantikan dan perawatan tubuh (20%)
Tokopedia juga mencatat transaksi kategori fesyen naik hingga tujuh kali lipat saat Ramadhan tahun lalu.