Ekosistem Blibli Tiket Makin Terintegrasi, Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Katadata
Ekosistem Blibli Makin Terintegrasi Demi Penuhi Kebutuhan Pelanggan
Penulis: Luky Maulana
7/8/2024, 12.00 WIB

PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli memiliki visi menjadi ekosistem perdagangan gaya hidup bagi konsumen dan institusi. Perusahaan lantas memaparkan perjalanannya dalam membangun omnichannel secara terintegrasi.

Mundur ke 2022, Blibli membangun ekosistemnya dengan menggandeng Tiket.com, platform online travel agent (OTA), serta Ranch Market, gerai supermarket premium.

Di tahun yang sama, Blibli Tiket kontan meluncurkan Single Sign-on, fitur yang memungkinkan kemudahan akses antar platform menggunakan kredensial yang sama di semua akun.

Setelah itu, Perseroan secara bertahap memperkenalkan Loyalty Membership Parity pada 2023.

Dengan program tersebut, konsumen bisa mengumpulkan poin loyalitas Blibli Tiket Rewards, serta menggunakannya untuk belanja baik di platform, maupun gerai fisik konsumen, termasuk Ranch Market dan Farmers Market, serta Hello Store, Samsung Store, dan Blibli Store.

Tahun ini, Blibli memperluas keanggotaan pelanggannya dengan meluncurkan Unified Membership. Program ini diklaim memberikan keuntungan dan nilai tambah bagi pelanggan.

Sebagai bukti, Blibli pada perayaan Unified Membership 10 Juni-16 Juli 2024 menggelar program fast-track dengan lebih dari 145 ribu pelanggan yang baru pertama kali bergabung.

Dari jumlah itu, sebanyak dua persen atau lebih dari 2.000 pelanggan berhasil mendapatkan upgrade menjadi tier Diamond, serta merasakan berbagai manfaat mulai dari free airport lounge, kuota tambahan gratis ongkir 10x, hingga voucher ulang tahun senilai 175 ribu.

Ekosistem Blibli Makin Terintegrasi Demi Penuhi Kebutuhan Pelanggan (Katadata)

Berpusat kepada Pelanggan

Secara keseluruhan, Blibli Tiket memiliki enam inovasi yang telah terintegrasi pada ekosistem perusahaan. Adapun salah satu inovasi perdana Perseroan adalah Blibli Tiket PayLater yang diperkenalkan sejak 2020.

“Saat ini, metode pembayaran tersebut telah menjadi salah satu pilihan utama bagi pelanggan di Blibli, tiket.com dan juga Ranch Market, memungkinkan konsumen untuk membeli kebutuhannya sekarang dan membayar nanti,” kata George Hendrata, CEO tiket.com dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (7/8).

CEO Ranch Market, Johartono Susilo, menambahkan sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket demi memudahkan pelanggan, sekaligus memberikan pengalaman yang superior dan bernilai tambah.

“Misalnya, ketika mereka perlu berbelanja produk segar berkualitas premium bebas khawatir sepulang bekerja, hanya dengan fitur Click&Collect, pelanggan bisa berbelanja secara online dan mengambilnya di toko Ranch Market atau Farmers Market terdekat,” ujar Johartono.

Dia optimistis bahwa sinergi ekosistem ini dapat memberikan manfaat lain, seperti meningkatkan retensi pelanggan. Pada implementasinya, Blibli Tiket menawarkan manfaat yang berorientasi pada nilai, dengan konsumen mesti mampu mencapai level keanggotaan lebih tinggi. Pada gilirannya, itu mendorong pelanggan untuk terus berbelanja di ekosistem.

Ekosistem Blibli Makin Terintegrasi Demi Penuhi Kebutuhan Pelanggan (Katadata)
 

Sinergi ekosistem dapat mendorong pula cross-selling antar platform. Misalnya, melalui program loyalitas terpadu, Blibli Tiket Rewards, yang terintegrasi bagi seluruh pelanggan di dalam ekosistem, baik secara online maupun offline.

Blibli Tiket menyatakan akan konsisten mengembangkan terobosan omnichannel terintegrasi. Terlebih, perusahaan per Juni 2024 telah mengoperasikan sebanyak 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia, per akhir bulan Juni 2024.

Ekosistem Blibli Makin Terintegrasi Demi Penuhi Kebutuhan Pelanggan (Katadata)

Baru Perjalanan Awal

Bagi Ceo dan Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto, ekosistem omnichannel perusahaan siap memenuhi hampir 90 persen potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia, di antaranya belanja harian, perjalanan, gaya hidup, produk elektronik, otomotif, tagihan bulanan hingga perabot rumah tangga.

Dia menjamin pengguna beroleh kelancaran seketika saat mereka mengakses ekosistem perusahaan baik secara online maupun offline.

“Sinergi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket ibarat tradisi kebersamaan makan-makan saat ulang tahun. Semua menu tersedia lengkap di atas meja,” ujar Kusumo.

Ekosistem Blibli Makin Terintegrasi Demi Penuhi Kebutuhan Pelanggan (Katadata)

Adapun, Kusumo menyampaikan komitmen perusahaan untuk terus relevan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sejauh ini, basis pelanggan Blibli terus bertumbuh dengan jumlah pengguna pada ekosistem Blibli Tiket telah mencapai 4,9 juta orang. Sedangkan, transaksi per pesanan tumbuh sebesar 39 persen secara tahunan

“Kami percaya, jika berjalan bersama, kita dapat melampaui apa yang telah kami capai. Masa depan menyajikan begitu banyak peluang juga potensi, dan kami ingin mengajak semua menjadi bagian penting atas terobosan kami selanjutnya,” kata Kusumo.