GoPay Gratiskan Biaya Transaksi QRIS Merchant, Apa Manfaat untuk UMKM?

ANTARA FOTO/Abdan Syakura/agr
Warga melakukan pembayaran non tunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat (20/9/2024).
25/9/2024, 09.32 WIB

Unit bisnis financial technology PT Gojek Tokopedia tbk (GOTO), GoTo Financial, membebaskan biaya transaksi QRIS untuk UMKM. Program ini diharapkan membantu pembayaran digital sekaligus memperluas akses pasar UMKM.

“Saat ini, banyak UMKM ragu menggunakan QRIS karena khawatir proses pendaftaran yang kompleks dan memakan waktu serta adanya potongan biaya transaksi,” kata Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo dilansir dari siaran pers, Selasa (24/9).

UMKM bisa ikut dalam program ini dengan mengunduh aplikasi GoPay Merchant dan mendaftar mulai September 2024. Dari aplikasi itu, GoPay Merchant bisa mendaftar QRIS dan menggunakannya untuk transaksi.

Program gratis biaya transaksi QRIS dari GoPay berlaku untuk para UMKM yang memiliki skala usaha Mikro untuk transaksi yang bernilai di bawah Rp. 100 ribu, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Aplikasi GoPay Merchant dapat diunduh di Google Play Store atau App Store.

UMKM juga bisa memanfaatkan fitur aplikasi GoPay Merchant seperti untuk proses pendaftaran QRIS yang mudah dan cepat. Setelah pendaftaran lengkap, pelaku usaha bisa mendapatkan QRIS dan langsung digunakan untuk menerima pembayaran.

GRIS bagi UMKM juga digunakan untuk Pencairan hasil penjualan dapat dilakukan kapan saja. Fitur pengaturan pencairan fleksibel, jadi UMKM bisa memutarkan uang dengan cepat untuk menjaga kelangsungan usaha. Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya.

Manfaat ketiga adalah Opsi berlangganan perangkat GoPay Spiker. GoPay Spiker mempermudah merchant memverifikasi transaksi dan mencegah adanya transaksi yang tidak sesuai nominal maupun palsu. 

Merchant cukup mendengar notifikasi suara dari perangkat GoPay Spiker yang mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan. 

Reporter: Amelia Yesidora