TikTok Shop dan Shopee menjadi platform e-commerce yang paling sering digunakan oleh generasi Z atau gen Z, menurut riset Nielsen.
Gen Z adalah istilah untuk masyarakat berusia 18 - 25 tahun. Sementara itu, milenial atau Gen Y berusia 26 - 35 tahun, Gen X 36 - 45 tahun, dan baby boomer 46 - 55 tahun.
Direktur NielsenIQ Indonesia Rusdy Sumantri tidak memerinci persentase ataupun porsinya. Akan tetapi, ia membandingkan penggunaan platform e-commerce berdasarkan jumlah balok dengan tanda hati atau love seperti gambar di bawah ini.
Gambar tersebut menunjukkan bahwa gen Z lebih banyak yang memilih Shopee dan TikTok Shop.
“Gen Z lebih senang harga murah, produk menarik, serta prosesnya mudah, nyaman, dan praktis,” kata Rusdy dalam acara 'E-commerce Expo' di ICE BSD, Banten, Rabu (25/9).
Survei bertajuk 'Nielsen Clicks 2022–2023' itu berdasarkan survei terhadap 4.022 responden pada 2022 dan 4.127 orang tahun lalu.
Rusdy menambahkan volume transaksi gen Z di e-commerce merupakan yang terbanyak. Namun dari sisi nilai masih kecil, yakni Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.
Meski begitu, Nielsen memperkirakan nilai transaksi gen Z di e-commerce akan melampaui Boomers pada 2029 secara global. Ini lantaran hampir separuh gen Z punya pekerjaan dan jumlahnya bakal melampaui Boomers.
Nielsen memperkirakan gen Z berkontribusi 30% lapangan kerja global pada 2030.
Sementara itu, riset Litbang Kompas juga menunjukkan Shopee menjadi pilihan utama untuk segala usia. Rinciannya sebagai berikut:
Data itu tertuang dalam laporan Kompas berjudul 'Recent Trends in Shopping Behavior' atas hasil survei terhadap 1.200 responden di 38 provinsi di Indonesia, dengan rentang usia 17 – 65 tahun selama 27 Mei - 7 Juni.