Jelang 12.12, TikTok Shop Tokopedia Ungkap Produk Terlaris Akhir Tahun

TikTok Shop Tokopedia
Promo 12.12 TikTok Shop Tokopedia
Penulis: Desy Setyowati
11/12/2024, 06.30 WIB

TikTok Shop Tokopedia mengungkapkan daftar produk terlaris akhir tahun atau menjelang periode diskon 12.12. Perusahaan juga mengungkapkan pedagang yang berjualan dengan melakukan live streaming mencatatkan penjualan tujuh kali lipat lebih tinggi ketimbang yang tidak.

Berikut daftar produk terlaris akhir tahun di TikTok Shop Tokopedia secara tahunan atau year on year (yoy):

Fesyen (kuartal IV atau Oktober – Desember)

  • Atasan kaos, blouse dan outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu: rata-rata naik hampir 7x lipat

Batik (kuartal IV)

  • Atasan batik (jaket, blouse), kain batik, dan bawahan batik (rok, kamen): rata-rata naik lebih dari 6x lipat.

Kecantikan dan Perawatan Tubuh (1 September – 10 November)

  • Blush: Naik hampir 15x lipat
  • Lip cream: Naik lebih dari 14,5x lipat
  • Sabun cuci tangan: Naik hampir 11x lipat

Makanan dan Minuman (1 September – 10 November)

  • Daun teh: Naik hampir 20x lipat
  • Minuman cokelat: Naik lebih dari 16,5x lipat
  • Biji kopi: Naik hampir 14x lipat

Rumah Tangga (1 September – 10 November)

  • Rak piring: Naik lebih dari 11x lipat
  • Tempat penyimpanan multifungsi: Naik lebih dari 7x lipat
  • Botol minum: Naik lebih dari 5x lipat

Elektronik (1 September – 10 November)

  • Smartwatch: Naik hampir 5x lipat
  • Lampu meja: Naik lebih dari 11x lipat
  • Self ringlight: Naik lebih dari 5x lipat

Selain berdasarkan data tersebut, para penjual bisa memanfaatkan fitur:

  • Wawasan Pasar di Tokopedia untuk mengetahui produk terlaris dan kata kunci produk yang paling sering dicari oleh para pembeli di Tokopedia
  • Peringkat Kata Kunci dashboard Seller Center ShopTokopedia pada bagian Kompas Data

TikTok Shop Tokopedia Gelar Promo di Blok M

Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce Antonia Adega , mengatakan perusahaan melakukan beragam inisiatif seperti Promo Guncang, Beli Lokal, dan Melokal Dengan Batik untuk mendorong transaksi produk lokal.

Promo Guncang 11.11 misalnya, menghasilkan peningkatan penjualan sejumlah brand fashion 21 kali lipat dibandingkan hari biasa. Nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur Live di TikTok meningkat 26 kali lipat.

Kini TikTok Shop Tokopedia bersiap menggelar promo 12.12. Perusahaan bahkan menggelar kegiatan offline bertajuk 'Mega Guncang 12.12 Playground' di Taman Literasi Blok M, Jakarta pada 11-12 Desember.

Acara itu menghadirkan pengalaman live shopping dengan beragam promo, serta penampilan dari sejumlah musisi seperti RAN, Diskoria, Sal Priadi hingga Nadhif Basalamah.

“Masyarakat bisa menyaksikan langsung kegiatan live shopping yang dilakukan oleh para pelaku usaha lokal, termasuk brand lokal,” ujar Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-Commerce Rizky Juanita Azuz dalam keterangan pers.

Pengunjung juga bisa mencoba berbagai permainan interaktif seperti mesin gacha untuk mendapatkan berbagai merchandise menarik dari sejumlah pelaku usaha, termasuk Bostanten, Coolvita, Groglo, KAO dan Kelaya Hair Treatment, serta instalasi Tas Belanja Besar dari ShopTokopedia.

Selain itu, pengunjung bisa memperoleh hadiah seperti voucer hingga Rp 1,2 juta dan merchandise. Caranya sebagai berikut:

  • Mengumpulkan stempel dan memainkan mesin gacha
  • Agar bisa mendapatkan stempel, pengunjung wajib mengunduh foto di Instagram Story dengan tag dan follow @shoptokopedia_id, menggunakan #1212Playground
  • Setelah mengumpulkan stempel, pengunjung bisa menukarkan stempel untuk mendapatkan merchandise di booth yang telah ditentukan.
Reporter: Kamila Meilina