Go-Pay Kumpulkan Donasi Rp 13 Miliar, Serius Garap Filantropi

Go-Jek
Ilustrasi pembayaran melalui QR Code Go-Pay.
Penulis: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
18/2/2019, 17.30 WIB

Go-Pay telah mengumpulkan donasi sebesar Rp 13 miliar sejak April 2018. Kini, anak usaha Gojek di bidang financial technology (fintech) pembayaran ini pun makin serius menggarap potensi filantropi, selain tetap fokus mengembangkan transaksi komersial.

CEO Go-Pay Aldi Haryopratomo mengatakan, ide untuk menyediakan fitur donasi di platformnya muncul karena ia pernah membantu rehabilitasi pasca Tsunami di Aceh. Lalu, ketika ia bergabung dengan Gojek, ia menemukan ada mitra pengemudi yang mengumpulkan bantuan untuk anak yatim dari salah satu rekan mereka yang meninggal dunia.

Dari pengalaman tersebut, ia memandang masyarakat Indonesia punya semangat untuk membantu sesama. "Ke depan, kami mau bagaimana kami menjadi jembatan bagi para aktor (inisiator donasi) untuk membantu yang lain," kata Aldi di Pacific Place, Jakarta, Senin (18/2).

Mulanya, Go-Pay menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk layanan sedekah menjelang Ramadhan pada Mei 2018. Lalu, Go-Pay menggandeng platform pengumpulan dana KitaBisa.com pada November 2018.

(Baca: Adu Kuat Perusahaan Dompet Digital Sediakan Layanan Kode QR)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati