Lewat media sosial Instagram, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berinisiatif membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19. Ia mengklaim promosi yang ia lakukan dengan hastag #LapakGanjar membuat penjualan UMKM naik 350%.
Ganjar mengatakan inisiasi promosi produk UMKM tersebut telah berlangsung selama lima minggu, dengan berbagai tema produk yang berbeda tiap minggunya. Beberapa tema promosi yang ia angkat lewat akun Instagram antara lain kerajinan kayu, makanan hingga produk fesyen.
Ia mencontohkan salah satu UMKM produk batik dan lurik asal Salatiga yang sempat merugi karena pandemi corona. Akhirnya UMKM tersebut beralih dengan membuat masker dari kain batik dan lurik produksi usahanya yang kemudian dipromosikan oleh Ganjar.
"Tiap ada pembeli yang pesan mereka bilang tahu dari #LapakGanjar. Ternyata UMKM ini penjualannya bisa naik 350%," ujar Ganjar dalam video conference, Rabu (12/8).
Menurutnya para pelaku UMKM di Indonesia perlu memanfaatkan peluang yang bisa dihasilkan melalui platform ditigal, agar bisa terus mengembangkan bisnis meski ada pandemi corona.
Ia juga mengaku kerap mempromosikan produk langsung bersama pelaku UMKM melalui fitur 'Live Instagram'. Dengan berbagai testimoni yang ia berikan, serta unggahan promosi melalui akunnya ternyata mampu mendorong penjualan para UMKM tersebut.
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga telah melakukan beberapa program untuk mendorong bisnis UMKM selama pandemi corona. Mulai dari memberikan modal usaha Rp 10 miliar untuk produksi masker, hingga menggaet berbagai platfrom e-commerce untuk menggelar pelatihan kepada UMKM.
Sebagai informasi, Ganjar kembali menggelar promosi UMKM lewat akun Instagramnya pada pekan ini dengan tema kuliner khas daerah. Persyaratan untuk berpartisipasi dalam inisiasi tersebut, yakni para UMKM harus berdomisili di wilayah Jawa Tengah.
Selanjutnya, produk yang akan dipromosikan harus buatan UMKM sendiri bukan dari reseller. Terakhir, pelaku UMKM dapat membuat Instagram Story dengan menandai akun @ganjar_pranowo dengan hastag #LapakGanjar dan mencantumkan asal kabupaten atau kota.
Nantinya, Ganjar bakal memilih produk UMKM yang menarik untuk diunggah ulang atau repost melalui fitur 'Instagram Story' miliknya.
Hingga saat ini akun Instagram @ganjar_pranowo tercatat memiliki 3 juta pengikut (followers). Banyaknya jumlah pengikut ini membuat ia optimistis mampu mendongkrak penjualan produk UMKM yang dipromosikan.