Aplikasi Travoy Jasa Marga Sudah Digunakan 543.000 User, Ini Fiturnya

Official YouTube Channel PT Jasa Marga Tbk
Tampilan aplikasi Travoy.
Penulis: Agung Jatmiko
11/4/2024, 15.17 WIB

PT Jasa Marga Tbk menyebutkan, sebanyak 543.000 user telah menggunakan aplikasi Travoy. Ini merupakan aplikasi untuk membantu perjalanan pemudik dengan sejumlah fitur yang terintegrasi dengan Jasa Marga Tollroad Command Center.

Secara perinci, sebanyak 480.000 user mengunduh Travoy melalui Play Store atau pengguna Android, dan sebanyak 63.000 user mengunduh melalui App Store untuk pengguna iPhone.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, ada penambahan jumlah pengguna sebanyak 13.000 dari akhir Maret hingga awal April 2024. Peningkatan user secara signifikan ini, utamanya disebabkan karena banyak orang yang membutuhkan informasi terkait arus mudik dan balik dalam rangka libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Menurutnya, kehadiran aplikasi Travoy akan sangat membantu pemudik, karena telah ditingkatkan dengan fitur lengkap, yang mampu memberikan opsi rute perjalanan terbaik sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

"Keunggulan dan kemudahan yang dihadirkan Travoy versi baru akan membantu pengguna jalan merencanakan perjalanan dengan lebih baik lagi," kata Faiza dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (11/4).

Adapun, fitur baru yang dikembangkan, antara lain Travoy Journey yang dapat memberikan informasi mengenai estimasi jarak, waktu tempuh, tarif tol, informasi lalu lintas, CCTV real time, rest area yang akan dilalui, informasi pada dynamic message sign (DMS) hingga kecepatan rata-rata selama rute perjalanan.

Faiza menjelaskan, untuk mengakses fitur terbaru ini, pengguna cukup membuka Travoy, lalu klik 'Mulai Perjalanan' di tampilan. Setelah itu, pengguna memasukkan lokasi asal dan lokasi tujuan di tampilan lalu pilih golongan kendaraan.

Setelah selesai, maka akan ditampilkan sejumlah rekomendasi rute perjalanan dengan menggunakan jalan tol berdasarkan total tarif, waktu tempuh dan jarak tempuh terkecil hingga terbesar. Terakhir, pengguna cukup klik 'Mulai Perjalanan' untuk menampilkan gerbang tol dan tarif per gerbang tol berdasarkan rute yang sudah dipilih.

Tak hanya soal rute dan tarif jalan tol, melalui fitur terbaru ini pengguna jalan akan mendapatkan notifikasi melalui navigasi suara jika terdapat rest area terdekat.

Selain itu, ada pula fitur Event Lalu Lintas, yakni informasi lalu lintas yang ditampilkan dalam push notification. Fitur ini memberikan informasi kepada pengguna apabila terjadi kejadian di ruas tol yang terdekat dengan lokasi. Misalnya, informasi gangguan lalu lintas, rekayasa lalu lintas maupun pemeliharaan.

Selain Travoy Journey dan Event Lalu Lintas, aplikasi besutan Jasa Marga ini juga memiliki beberapa fitur lain, yakni sebagai berikut:

1. Fitur Chat Us

Ini merupakan fitur dalam Travoy yang berwujud layanan pesan WhatsApp berbasis artificial intelligence (AI). Fitur ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan fitur hub 14080 agar dapat terhubung secara langsung dengan live agent call center 14080.

2. CCTV

Melalui fitur pantau CCTV pada aplikasi Travoy, pengguna dapat memantau kondisi jalan tol melalui CCTV secara live dan real time selama 24 jam dengan lebih dari 2.000 titik CCTV yang ada di seluruh ruas Jalan Tol Jasa Marga.

3. Informasi Lalu Lintas Terkini

Fitur ini menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.

4. Rest Area

Fitur ini menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi yang terdekat dengan pengguna jalan, fasilitas dan tenant di rest area, kapasitas parkir yang tersedia hingga lokasi SPKLU di rest area.

5. Tarif Tol

Fitur ini membantu pengguna jalan untuk mengetahui informasi besaran tarif tol yang dibutuhkan selama perjalanan berdasarkan golongan kendaraan dan gerbang tol asal dan tujuan.

6. Resi atau Struk Digital

Untuk memanfaatkan fitur resi pada aplikasi Travoy, pengguna dapat mendaftarkan e-toll terlebih dahulu dan akan mendapatkan resi digital yang berisi data riwayat transaksi tol selama tujuh hari sebelum kartu didaftarkan. Riwayat transaksi tol akan tersimpan maksimal 30 hari.

7. GetPay

Ini merupakan ekosistem pembayaran digital melalui fitur multibiller yang dapat digunakan untuk pembelian pulsa & paket data, pembayaran tagihan telepon pascabayar hingga melakukan pengisian ulang saldo e-wallet/uang elektronik.

Faiza menjelaskan, Travoy dihadirkan untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna jalan tol untuk mendapatkan informasi lalu lintas yang sangat dinamis sehingga dapat menentukan rute perjalanan dengan baik.

"Meski sebelumnya telah ditentukan sejumlah jadwal untuk rekayasa lalu lintas, kami mengimbau pengguna jalan mengunduh aplikasi Travoy yang diperbarui secara berkala selama 24 jam, sehingga dapat mengantisipasi perjalanan dan merencanakan kembali rencana perjalanannya," ujarnya.