Dua Jam Pertama Pesta Diskon 11.11 Alibaba Cetak Penjualan Rp 257 T

Instagram/@alibaba.group
Ilustrasi. Alibaba Group mencatat transaksi melalui pembayaran Alipay sebesar US$ 18,32 miliar atau sekitar Rp 256,5 miliar pada dua jam pertama saat pesta diskon 11.11 digelar tahun ini.
Editor: Agustiyanti
11/11/2019, 11.21 WIB

Raksasa e-commerce  asal Tingkok, Alibaba Group  mencatat transaksi melalui pembayaran Alipay sebesar US$ 18,32 miliar atau sekitar Rp 256,5 triliun pada dua jam pertama saat pesta diskon 11.11 digelar tahun ini. Pada momen puncak, total pesanan pada festival diskon ini mencapai 544 ribu pesanan per detik, naik sebanyak 1.360 kali lipat lebih banyak dari jumlah pesanan pada festival belanja 11.11 yang pertama kali diadakan pada 2009.

"Alibaba Group telah resmi memulai Festival Belanja Alibaba 11.11 pada dini hari 00.00 waktu Tiongkok, Standard Time (GMT +8). Acara ini merupakan festival belanja nonstop 24 jam yang terbesar di dunia," ujar Alibaba Group melalui siaran pers, Senin (11/11).

Pada pesta diskon 11.11 tahun ini, menurut dia, terdapat sejumlah  pencapaian menarik terkait transaksi penjualan. Pada 1 menit 8 detik sejak 11.11 dimulai, menurut dia, total Gross Merchandise Volume (GMV) dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai US$ 1,0 miliar (RMB 7,0 miliar) atau sekitar Rp 14 triliun.

(Baca: Belanja Online Terbesar di Dunia 11.11 Alibaba Bidik 500 Juta Konsumen)

Satu jam pertama, GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai USD$2 miliar (RMB 84 miliar) atau sekitar Rp 168 triliun. Lalu dua jam pertama, total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay adalah USD18,32 miliar (RMB128,15 miliar).

"Pencapaian GMV tersebut telah melampaui catatan GMV 11.11 di tahun 2015 (RMB 91,2 miliar) dan 2016 (RMB 120,7 miliar)," terang dia. 

Beberapa negara dengan jumlah penjualan tertinggi ke Tiongkok, yakni Jepang, Amerika Serikat, Korea, Australia, Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Kanada dan Selandia Baru. Adapun barang-barang yang laris dibeli kosumen Tiongkok berdasarkan GMV, meliputi suplemen makanan kesehatan, susu bayi dan balita, make up, popok, set perawatan kulit, emulsion (bagian dari perawatan), serum kulit wajah, pembersih wajah, nutrisi untuk bayi dan balita.

(Baca: Bos Alibaba Tanggapi Fenomena Mal Tutup di Berbagai Negara)

Produk dari Indonesia juga turut dijual dalam gelaran pesta diskon tersebut. Beberapa id antaranya, yakni produk  yang diproduksi oleh PT Ultra Prima Abadi, seperti Tango Wafer Renyah, Tango Waffle, Tango Kraffel dan Tanggo Drink.

Pesta diskon 11.11 juga dimeriahkan dengan pertunjukan selebriti internasional seperti Taylor Swift, Kana Hanazawa, Aida Garifullina, dan tim dance terkenal, The Royal Family and Kinjaz. Acara itu juga disiarkan melalui platform streaming video Alibaba beberapa jam sebelum festival belanja 11.11 dimulai dengan menyajikan acara gala dan countdown 11.11 untuk meresmikan kegiatan tahunan ini.

Sejak dimulai pada 2009, Alibaba terus mencatatkan kenaikan penjualan saat gelaran pesta diskon 11.11. Pada 2009 nilai penjualan atau gross merchandise value (GMV) Alibaba baru mencapaiUS$ 52 juta, sementara pada tahun lalu mencapai US$ 213,5 miliar. Grafik lengkapnya bisa dilihat pada databoks berikut ini.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto