Gojek dan Grab Berlomba Sediakan Layanan Hotel Sambut Lebaran

ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Di kawasan pariwisata KEK Mandalika yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan dibangun sirkuit berkelas MotoGP dengan trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan dibangun dengan konsep \"street circuit\" yang merupakan bagian dari Distrik Entertainment dan Sport terpadu seluas 131 ha yang dikembangkan perusahaan global asal Prancis Vinci Construction Grand Project (VCGP) dan pembangunannya direncanakan dimulai Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada akhir 2020.
3/6/2019, 11.42 WIB

Perusahaan layanan on demand Gojek dan Grab saling berlomba memberikan kemudahan pemesanan hotel dalam menyambut libur Lebaran kali ini. Gojek, melalui platform pembayaran digital GoPay, bermitra dengan online travel Tiket. com. Sementara itu, Grab bermitra dengan Agoda dan Booking.com.

SVP Digital Product Marketing GoPay Timothius Martin mengatakan, perusahaannya terus berupaya untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat, termasuk dalam berwisata. Hal ini sejalan dengan prediksi Kementerian Pariwisata bahwa libur mudik Lebaran tahun ini memancing pergerakan 30 juta wisatawan Nusantara. “Kami melihat bahwa wisata dan pelesir sudah menjadi kebutuhan penting masyarakat,” ujar Timothius seperti dikutip dalam siaran pers, Sabtu (1/6).

Ia optimistis, melalui kolaborasi dengan Tiket. com, GoPay dapat memberi kemudahan pembayaran nontunai dalam transaksi pemesanan hotel maupun tiket masuk objek wisata. Apalagi selama periode Lebaran ini masyarakat juga dapat menikmati berbagai penawaran spesial sehingga dapat menghemat pengeluaran pengguna selama liburan.

Dengan menggunakan GoPay ketika memesan tiket masuk objek wisata lewat Tiket.com, pembeli bisa mendapatkan diskon 20 %. Penawaran ini berlaku untuk berbagai objek wisata favorit domestik seperti Kidzania hingga atraksi internasional seperti Universal Studio Singapura dan Disneyland Hong Kong. Penawaran juga bisa dinikmati untuk pemesanan hotel di mana pembeli menerima diskon 20 %.

(Baca: Persaingan Ketat Gojek dan Grab Menjadi SuperApp)

Chief Marketing Officer sekaligus Co-Founder Tiket. com Gaery Undarsa mengatakan, pemesanan sarana dan prasarana libur Lebaran di aplikasinya meningkat drastis dibandingkan tahun lalu. Saat ini, pemesanan kamar hotel meningkat tiga kali dan tiket masuk objek wisata melejit hingga 16 kali.

Ia pun optimistis bahwa kolaborasinya dengan GoPay semakin meningkatkan minat pariwisata. “Kami berharap dapat semakin memberikan keuntungan serta kemudahan untuk pengguna Tiket. com maupun GoPay dalam merencanakan libur Lebaran,” ujar Gaery.

Sebelumnya, Gojek telah berkolaborasi dengan Tiket. com melalui fitur terbarunya, yakni GoTravel. Di sini, pembeli cukup memilih GoPay sebagai metode pembayaran pada halaman pemesanan Tiket.com yang hanya tinggal dikonfirmasi. Program penawaran ini dapat dinikmati mulai dari 27 Mei hingga 7 Juni 2019.

Sementara itu, Grab menyediakan layanan pemesanan hotel dan akomodasi lainnya dari layanan Agoda dan Booking.com melalui fitur ‘Hotels’ di aplikasinya. Pengguna Grab dapat mengakses berbagai pilihan hotel dan membandingkan harga di antara jutaan tempat untuk menginap, mulai dari penginapan mewah, hotel, apartemen, rumah yang disewakan untuk liburan (vacation homes), dan penginapan lokal milik warga.

Head of Marketing Food & New Business Grab Indonesia Ichmeralda Alti Rachman mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar bagi ekonomi Indonesia. Dengan jumlah wisatawan domestik dan asing yang terus bertambah setiap tahun, Grab menyadari kebutuhan akan layanan yang bisa memberikan pengalaman terbaik bagi para pelancong.

“Lewat fitur ‘Hotels’ memperkuat komitmen Grab untuk menghadirkan layanan yang relevan bagi konsumen kami, terutama di Indonesia,” ujar Ichmeralda. Ia yakin fitur tersebut memberikan manfaat beragam bagi pelancong, termasuk program loyalitas dan miles bagi platform online to offline (O2O), potongan harga di lounge dan restoran di beberapa bandara di Asia Tenggara, serta layanan eksklusif airport pick-up dari Grab di Indonesia dan Filipina.

(Baca juga: Grab dan Gojek Dukung Penerapan Aturan Diskon Tarif Ojek Online)

Menurut dia, berbagai fitur dan manfaat tambahan akan ditambahkan ke dalam layanan ‘Hotels’ secara berkala di tahun ini. Selain itu, pengguna Grab akan memperoleh berbagai penawaran perjalanan khusus. Mereka dapat melakukan pembayaran dengan metode non-tunai dari Grab (debit dan kartu kredit).

VP Strategic Partnerships & Programs Agoda Damien Pfirsch mengatakan, perusahaannya berkomitmen untuk memberikan inovasi bagi travellers untuk berlibur dengan menggunakan teknologi yang menawarkan banyak pilihan akomodasi dengan harga terbaik. “Membuat travelling lebih mudah bagi pelancong di Asia Tenggara,” ujar Damien.

Beberapa penawaran yang ditawarkan seperti pemilik akun Grab Platinum, Gold, dan Silver dapat menebus kupon untuk memperoleh potongan harga hingga Sing$ 20 ketika reservasi di Agoda. Minimum pembelanjaannya Sing$ 200. Bagi para mitra-pengemudi Grab, mereka akan memperoleh potongan harga hingga 9 % ketika reservasi di Agoda.

Layanan ‘Hotels’ ini sudah tersedia di aplikasi Grab di sejumlah negara Asia Tenggara, yakni di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Pengguna Grab dapat memesan akomodasi melalui Agoda sejak 20 Mei dan dapat memesan di Booking.com pada akhir kuartal kedua  2019.