Transaksi Bahan Pokok Naik 8 Kali Lipat, Gojek GoMart Sasar 11 Kota

Instagram/@gomartindonesia
Logo GoMart besutan Gojek
Penulis: Desy Setyowati
15/4/2021, 12.47 WIB

Gojek mencatatkan peningkatan transaksi layanan penyedia bahan pokok, GoMart tujuh hingga delapan kali lipat tahun lalu. Decacorn Indonesia itu pun menyasar 11 kota besar.

Kota yang disasar yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Bali, Medan, Palembang, dan Makassar.

“Kami akan merambah ke banyak kota lagi,” kata Head of Groceries Gojek Tarun Agarwal saat konferensi pers virtual, Kamis (15/4). Namun, ia tidak memerinci wilayah yang akan disasar.

Ia hanya menjelaskan bahwa perluasan pasar dilakukan karena masyarakat beralih ke belanja online saat pandemi corona. Ini mendorong permintaan layanan pemesanan bahan segar dan kebutuhan pokok lainnya.

Hal itu terlihat dari transaksi GoMart yang melonjak. Jumlah pengguna bulanan juga meningkat delapan kali lipat atau 700%. Lalu, jumlah stock keeping unit (SKU) yang terjual pun melonjak 19 kali lipat. SKU adalah kode unik tiap barang.

Selain memperluas pasar, GoMart menyediakan asisten belanja yang disebut Emak Jago yang terdiri dari ratusan ibu rumah tangga. Mereka telah diberikan pelatihan.

Mereka bertugas membelikan pesanan pengguna GoMart, yang kemudian diantarkan oleh mitra pengemudi Gojek. Emak Jago tersedia di seluruh supermarket di 31 mitra, termasuk LotteMart.

Tarun juga menyampaikan, GoMart menambah tiga fitur baru yakni otomatis perbarui stok harian hingga empat kali sehari, komunikasi dengan Emak Jago lewat telepon atau SMS, dan rekomendasi resep.

Namun, ia enggan memerinci target transaksi maupun jumlah pengguna tahun ini dengan adanya Emak Jago dan tiga fitur baru. Ia hanya menyampaikan akan terus menambah fitur yang sesuai.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati