Perusahaan media IDN Media meraih pendanaan seri D yang dipimpin oleh Mayapada Group dan KMIF. Investor lain yang berpartisipasi yakni East Ventures, OCBC NISP Ventura, Dentsu Group, dan V Media Ventures.
IDN Media didirikan oleh kakak beradik Winston Utomo dan William Utomo di Surabaya, pada 8 Juni 2014. Perusahaan ini memiliki visi mendemokratisasi informasi untuk seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial dan Z.
Perusahaan media itu mengoperasikan empat lini bisnis utama, yaitu content platform, digital media, commercial, dan entertainment.
IDN Media menggaet lebih dari 80 juta pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAU). Perusahaan ini berencana menggaet lebih banyak pengguna menggunakan dana segar ini.
Selain itu, untuk mengembangkan teknologi, memperkuat tim, dan menjalankan berbagai akuisisi.
“Kami akan terus bekerja keras untuk dapat menjadi perusahaan sehat dan bertahan lebih dari 100 tahun, serta membawa dampak positif bagi masyarakat. One step at a time, for a better Indonesia,” kata pendiri sekaligus CEO IDN Media Winston Utomo dalam keterangan pers, Senin (6/6).
Pendiri sekaligus COO IDN Media William Utomo menambahkan, perusahaan menyiapkan beberapa rencana strategis yang akan dijalankan sesegera mungkin. “Delapan tahun ke depan akan sangat berbeda dengan delapan tahun terakhir yang telah kami jalani,” ujarnya.
Pendiri sekaligus Chairman, Mayapada Group Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir menyampaikan, perusahaan memutuskan untuk berinvestasi di IDN Media dalam waktu kurang dari 24 jam. Sebab, ia percaya pada visi Winston Utomo dan William Utomo.
“Mereka masih muda, memiliki ambisi besar, dan merupakan pekerja keras dengan mimpi untuk membawa perubahan positif bagi Indonesia di masa yang akan datang,” kata dia.
Managing Partner East Ventures Roderick Purwana mengatakan, perusahaan berinvestasi di IDN Media sejak 2015. “Kami percaya pada visi, founder, serta seluruh tim IDN Media,” ujarnya.
East Ventures terkesan dengan IDN Media yang berhasil menjadi perusahaan profitable selama empat tahun terakhir dan mencatatkan arus kas (cash flow) positif tahun lalu.
“Ini pencapaian langka dan luar biasa untuk perusahaan teknologi di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa IDN Media berhasil menciptakan model bisnis sehat, sustainable, dan scalable,” tambah dia.