Strategi IDN Bertahan di Industri Media yang Menantang

IDN Media memiliki goals atau target untuk menjadi bagian dari generasi muda, yang bisa mendemokrasikan informasi bagi seluruh Indonesia pada 2045.
Image title
8 Mei 2022, 18:30
IDN, impactalk, media digital,
Youtube

Bos startup IDN Media, Winston Utomo sedari awal menyadari bahwa industri media merupakan salah satu bisnis yang sangat sulit dan menantang. Apalagi, jika tujuan membangun bisnis hanya sekadar mencari revenue alias cuan.

"Artinya kalau mau mulai bisnis media, the goal has to be bigger than money itself," kata Winston dalam program serial podcast Impactalk yang dirilis oleh Impactto belum lama ini.

Dia menjelaskan, akan sangat sulit untuk mendapatkan uang dalam menjalankan bisnis media. Apalagi, membangun bisnis media membutuhkan perjuangan untuk bisa bertahan di jangka panjang. 

Sementara itu, Winston dan IDN Media memiliki goals atau target untuk menjadi bagian dari generasi muda, yang bisa mendemokrasikan informasi bagi seluruh Indonesia pada 2045. Dia juga percaya bahwa mereka memiliki kewajiban dan kemampuan untuk membantu dan mendukung goals tersebut bisa terealisasi. Hal tersebut menjadi alasan Winston dan adiknya, William dalam membangun perusahaan media.

Advertisement

Di sisi lain, melihat dari kacamata bisnis, Winston mengatakan bahwa industri media memiliki bisnis yang cukub bagus. Dia menyelami lebih dalam dan menilai dari segi pendapatan, produk dan sisi lainnya, industri media Indonesia diperkirakan bakal tumbuh eksponensial dalam jangka panjang. 

"Enggak perlu subsidi terlalu besar, dan kita lihat gross profit-nya bisa dibilang high growth profit. Sehingga ada cukup ruang untuk operational expenditure (belanja operasional)," ujar Winston. 

Winston mengatakan, saat ini bisnis media Tanah Air masih sangat mengandalkan advertising alias iklan, untuk menopang pendapatan perusahaan. Secara tahunan, dia mengatakan pangsa pasar bisnis advertising tumbuh 10%-20%, di mana sebagian besar dikuasai media televisi.

Meskipun begitu, dia mengatakan bisnis iklan di media digital juga terus bertumbuh sekitar 25%. Adapun untuk market share media digital dalam industri media Tanag Air saat ini berkisar 22%-23%.

"Kami prediksikan 2025, (bisnis media) digital akan mendobrak televisi," ujarnya.

Winston menjelaskan, jika potensi tersebut dijabarkan alias break down, bisnis digital bukan hanya media digital, tapi ada banyak faktor seperti sosial media, influencer atau kreator. Berbagai faktor tersebut membagi pendapatan media digital cukup besar.   

"Jadi, its very promising (bisnis media digital) kalau dilihat dari addressable market (pangsa pasar yang dituju)," kata Winston. 

IDN Media telah berkembang menjadi perusahaan platform media yang memberikan dampak positif kepada lebih 70 juta generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Produk yang ditawarkan berupa media digital multi-platform yang meliput berbagai berita dan hiburan untuk generasi muda.

Winston Utomo
Winston Utomo (Katadata | Impactto)

 

Winston juga tidak menampik besarnya tantangan bisnis media di jangka panjang, terutama bersaing dengan media digital global seperti Facebook yang sudah berganti nama menjadi Meta, Google dan platform lainnya.

"Kita harus jujur, sangat sulit to compiled dengan Facebook dan Google, karena mereka sudah di industri ini dalam waktu lama, dan mereka yang terbaik di dunia," katanya.

Namun, IDN Media tak patah arang dan mencari strategi bukan untuk mengalahkan, melainkan menjadi produk yang cukup baik bagi masyarakat Indonesia. Tujuannya adalah, bagaumana agar produk yang disajikan IDN Media bisa diterima dengan baik di Indonesia.

Tak ingin muluk-muluk, Winston mematok target untuk bisa 50%-60% lebih baik dibandingkan perusahaan media global. "Its already good enough atau better appreciate,"ujarnya.

Winston menilai ada beberapa faktor yang dapat mendukung startup medianya bisa diterima dengan baik. Itu menyangkut teknologi, konten dan regulasi. 

"Kita bisa menang dengan mengutamakan kearifan lokal. Lokal konten adalah peluang mutlak untuk menang, harus bisa source dan mengajak untuk menciptakan user generate konten yang bagus, berkualitas, relevan dan ini saatnya kita bisa menang," katanya. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait