Setidaknya ada enam sektor startup yang digandrungi konglomerat hingga orang terkaya ketiga dunia Jeff Bezos selama pandemi corona dan kini ramai tutup. Keenamnya yakni metaverse, non-fungible token atau NFT, e-grocery, quick commerce, cloud kitchen, dan warung digital.
Metaverse
Metaverse menjadi tren setelah Facebook berganti nama menjadi Meta pada Oktober 2021. Startup, lembaga pendidikan hingga bank di Indonesia pun menyediakan layanan ini.
Namun metaverse tak lagi populer tahun ini. Beberapa perusahaan global seperti Disney bahkan menutup divisi metaverse.
NFT
Lalu NFT tren di Indonesia berkat Ghozali Everyday. Masyarakat bahkan berbondong-bondong menjual foto bakso hingga KTP di OpenSea, marketplace atau tempat jual-beli NFT.
E-Grocery
Ketika kasus Covid-19 meningkat di Tanah Air, layanan e-grocery dianggap menjadi salah satu cara memutus rantai penyebaran virus corona.
Masyarakat bisa membeli sayur-sayuran dan kebutuhan harian lainnya melalui startup e-grocery seperti Sayurbox dan Segari. Startup jenis ini pun digandrungi oleh konglomerat di Indonesia seperti:
- Grup Djarum: Ranch Market dan Segari
- Astra International: Sayurbox
- Grup Ciputra: Sayurbox
- Triputra Group dan Multi Persada Nusantara: Kedai Sayur
- Telkom: TaniHub Group
- Grup Lippo
Transaksi kebutuhan pokok secara online saat pandemi corona memang meningkat. Laporan L.E.K Insights pada November 2021 menunjukkan, penjualan bahan pokok secara online tumbuh empat sampai lima kali lipat dari 2019 hingga 2020. Nilainya diperkirakan US$ 5 miliar – US$ 6 miliar hingga 2025.
Riset YouGov di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam pada April 2020 menunjukkan, berbelanja bahan pokok melalui e-commerce atau media sosial meningkat drastis selama pandemi.
Sekitar 80% dari konsumen pengguna internet berencana terus berbelanja bahan makanan secara online. Selain itu, 77% konsumen lebih sering menyiapkan makanan di rumah ketimbang membeli ataupun makan di restoran.
Namun beberapa startup di sektor e-grocery kini menutup layanan. Mereka di antaranya:
- Startup penyedia sayur dan bahan bokok Brambang tutup dan berganti model bisnis
- Startup penyedia sayur dan bahan bokok Sayurbox menutup toko offline dan bisnis di dua lokasi
- Startup penyedia sayur dan bahan bokok Tanihub menutup layanan business to consumer (B2C)
- Startup penyedia sayur dan bahan bokok HappyFresh sempat tutup, namun beroperasi kembali setelah mendapatkan pendanaan
Sementara itu, dua startup sejenis yang menyatakan bangkrut yakni:
- Stoqo
- Tumbasin
Quick Commerce
Perkembangan transaksi e-grocery saat itu mendorong munculnya startup quick commerce. Startup e-grocery juga kemudian meluncurkan layanan quick commerce.
Dikutip dari Statista, quick commerce merupakan istilah yang menggambarkan bentuk e-commerce dengan pengiriman pesanan dalam jumlah kecil namun cepat.
Produk di platform quick commerce biasanya harus cepat diantar, seperti bahan makanan segar atau produk-produk rumah tangga.
Startup quick commerce juga kebanjiran pendanaan di Tanah Air.
Di Indonesia, setidaknya ada enam startup quick commerce atau menyediakan fitur sejenis per awal 2022. Keenamnya yakni Astro, Tokopedia lewat Tokopedia Now, Bananas, Sayurbox, Segari, dan Tanihub.
Di Bananas, pelanggan dapat berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, membayar, dan menunggu pesanan hanya sekitar 10 menit. Startup ini mengandalkan hub mikro berbasis teknologi bernama dark stores dalam menjalankan bisnisnya.
Dark stores ditempatkan di dekat area pemukiman supaya bisa mengantarkan bahan makanan secara instan.
Namun startup Bananas yang baru beroperasi pada Januari 2022, harus tutup pada Oktober 2022. Selain itu, melakukan PHK terhadap 36 karyawan berdasarkan laporan Tech In Asia.
Startup Sayurbox juga dikabarkan bakal menghapus fitur quick commerce.
Cloud Kitchen
Cloud kitchen merupakan istilah yang menggambarkan layanan restoran tanpa menyediakan bangku dan meja untuk pelanggan makan di tempat. Konsumen hanya bisa memesan secara online.
Startup di sektor itu juga kebanjiran pendanaan saat pandemi corona. Gojek pun menutup layanan pujasera GoFood Festival dan beralih ke bisnis ini lewat Dapur Bersama.
Namun kini beberapa startup cloud kitchen melakukan PHK. Grab bahkan menutup layanan GrabKitchen pada 19 Desember 2022.
Chief Communications Officer Grab Indonesia Mayang Schreiber menyampaikan bahwa GrabKitchen beroperasi sejak 2018. “Selama empat tahun beroperasi, terlihat pertumbuhan yang tidak konsisten, serta adanya peralihan menjadi model bisnis aset-ringan,” kata dia kepada Katadata.co.id, pada Oktober tahun lalu (22/10/2022)
“Situasi ini memaksa kami mengambil keputusan sulit, untuk tidak melanjutkan operasi GrabKitchen di Indonesia,” Mayang melanjutkan. “Langkah berat ini berdampak langsung pada belasan karyawan Grab.”
Warung Digital
Startup penyedia layanan warung digital atau memungkinkan UMKM beroperasi secara online sempat tren pada awal pandemi corona. Gojek, Grab, Tokopedia hingga Bukalapak merambah atau memperkuat lini bisnis ini.
Namun startup di sektor itu kini banyak melakukan PHK, termasuk Lummo dan Ula yang disuntik oleh Bezos Expedition milik Jeff Bezos.
Ada juga yang diakuisisi yakni Warung Pintar.
Meski begitu, Tokopedia dan Bukalapak masih gencar menyediakan layanan warung digital.