Tokopedia dan Gojek mencatatkan penurunan transaksi atau GTV selama Januari – September dibandingkan periode yang sama tahun lalu alias year on year (yoy). Keduanya pun mulai menambah anggaran promosi.
Transaksi Tokopedia dan Gojek selama Januari – September dibandingkan periode sama tahun lalu yakni:
- Tokopedia turun 9% dari Rp 202,4 triliun menjadi Rp 183,5 triliun
- Gojek turun 8% dari Rp 44,1 triliun menjadi Rp 40 triliun
Tokopedia dan Gojek pun mulai menambah biaya promosi pada kuartal III atau Juli – September, sebesar:
- Tokopedia naik 2% dibandingkan kuartal sebelumnya atau quarter to quarter (qtq)
- Gojek naik 5% qtq
Peningkatan anggaran promosi itu pun membuat GTV Tokopedia dan Gojek naik tipis pada kuartal III. Rinciannya sebagai berikut:
- Tokopedia naik 6% qtq dari Rp 58,7 triliun menjadi Rp 62 triliun
- Gojek naik 1% qtq dai Rp 13,2 triliun menjadi Rp 13,4 triliun
“GoTo Gojek Tokopedia secara taktis berinvestasi dalam pertumbuhan e-commerce untuk mempertahankan pangsa pasar, termasuk peningkatan biaya insentif dan promosi 2% qtq yang ditargetkan dengan cermat,” kata GoTo dalam keterangan pers, Senin (30/10).
“GoTo Gojek Tokopedia juga memperkuat kepemimpinan perusahaan dalam bidang pesan-antar makanan dan berbagi tumpangan atau ride hailing dengan meningkatkan biaya insentif dan promosi 5% qtq,” GoTo menambahkan.
Rincian kinerja Tokopedia selama Januari – September sebagai berikut:
Januari – September 2022 | Januari – September 2023 | |
GTV | Rp 202,4 triliun | Rp 183,5 triliun |
Pendapatan bruto | Rp 6 triliun | Rp 6,7 triliun |
Margin kontribusi | Negatif Rp 2,8 triliun | Rp 1 triliun |
EBITDA yang disesuaikan | Negatif Rp 5 triliun | Negatif Rp 974 miliar |
“Penurunan GTV disebabkan oleh berkurangnya konsumen non-profitabel sebagai dampak dari pengurangan insentif yang signifikan sepanjang setahun terakhir,” ujar GoTo.
Sementara itu, kinerja Gojek selama Januari – September sebagai berikut:
Januari – September 2022 | Januari – September 2023 | |
GTV | Rp 44,1 triliun | Rp 40,4 triliun |
Pendapatan bruto | Rp 8,5 triliun | Rp 8,9 triliun |
Margin kontribusi | Negatif Rp 1,3 triliun | Rp 1,8 triliun |
EBITDA yang disesuaikan | Negatif Rp 4,1 triliun | Negatif Rp 458 miliar |
Rincian kinerja keuangan GoTo Gojek Tokopedia selama Januari – September sebagai berikut:
- Rugi bersih turun 53% yoy menjadi Rp 9,5 triliun
- Pendapatan bersih naik 7% yoy menjadi Rp 16,6 triliun
- Beban iklan dan pemasaran turun 53,4% yoy menjadi Rp 1,5 trilun
- Beban gaji dan imbalan karyawan turun 5,8% menjadi Rp 4,2 triliun
- EBITDA Grup yang disesuaikan naik 74% yoy menjadi negatif Rp 940 miliar
- GTV turun 6% yoy namun tumbuh 5,2% qtq menjadi Rp 151,3 triliun selama kuartal III