Accenture Akan Akuisisi Bisnis Digital Marketing Jixie di Indonesia

Jixie.io
Ilustrasi perusahaan teknologi media dan pemasaran Jixie.
Penulis: Lenny Septiani
Editor: Sorta Tobing
21/12/2023, 17.27 WIB

Perusahaan jasa profesional asal Irlandia, Accenture, mengakuisisi bisnis perusahaan teknologi media dan pemasaran Jixie, di Indonesia. Platform dan tim pemasaran digital dari Jixie akan diintegrasikan ke dalam Accenture untuk memperkuat kemampuan dan sumber daya transformasi pemasarannya melalui Accenture Song.

Accenture Song merupakan creative group yang membantu klien-klien di Indonesia dalam memberikan pengalaman yang lebih personal. Tujuannya untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan atau customer engagement, serta pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. 

Jixie berkantor pusat di Singapura dengan fokus melayani klien di Indonesia. Perusahaan menawarkan berbagai perangkat monetisasi dan pertumbuhan pemasaran. 

Country Managing Director Accenture Indonesia Jayant Bhargava mengatakan, konvergensi antara pemasaran, data science, dan teknologi menciptakan peluang bagi bisnis untuk mendefinisikan ulang model engagement dengan pelanggan. 

“Solusi pemasaran digital yang cerdas dari Jixie akan melengkapi keahlian kami di bidang teknologi," kata Bhargava dalam keterangan pers, Kamis (21/12). "Sehingga memberikan proposisi yang unggul bagi para pelaku bisnis untuk menghadirkan tingkat personalisasi dan efektivitas dalam upaya pemasaran mereka."

Platform Jixie merupakan sebuah ekosistem periklanan untuk menghubungkan antara penerbit (publisher) dan pemilik merek menciptakan solusi bersama. Ekosistem ini mengubah proses pemasaran, dari kontrol terbatas, menjadi prioritas yang strategis sehingga memberikan kemudahan dan menjaga keamanan merek, privasi, dan data konsumen.

Integrasi platform Jixie ke dalam kapabilitas pemasaran Accenture Song akan membantu klien mengoptimalkan data pelanggan secara efektif dan efisien. Dengan begitu, pelanggat dapat memperoleh berbagai informasi untuk mengambil keputusan dalam memanfaatkan ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat.

Ekonomi digital Indonesia diproyeksikan akan mencapai US$ 146 miliar pada 2025, dan akan meningkat hingga delapan kali lipat pada tahun 2030. Melalui platform Jixie, para publisher dapat mengakses berbagai perangkat monetisasi, seperti solusi penawaran tajuk (header-bidding) dan performance marketing, untuk meningkatkan pendapatan dari iklan. 

Selain itu, para pemilik merek dapat meningkatkan dan mengintegrasikan konten dengan aman tanpa perantara, sehingga dapat memanfaatkan berbagai informasi yang berharga untuk menciptakan brand engagement yang unik. 

Jixie disebut dapat membantu para publisher menggandakan hasil monetisasi mereka dan mendukung para pemilik merek dalam meningkatkan rasio klik per tayang dan rasio percakapan secara signifikan yang sekaligus memperkaya data pelanggan.

Indonesia Lead untuk Accenture Song Joseph Tan, mengatakan Jixie adalah platform yang memiliki dampak besar dalam memperkuat perspektif dari para publisher dan menyederhanakan pengalaman pemasaran digital. “Investasi ini akan memperluas upaya transformasi pemasaran dan perdagangan berbasis data dari Accenture Song di Indonesia," kata dia.

Co-founder dan Managing Director Jixie Vincent Martin mengatakan perusahaan juga membentuk suatu ekosistem yang telah berhasil menarik para pengiklan untuk menjalankan berbagai kampanye yang sukses. “Langkah selanjutnya bagi kami adalah meningkatkan skala,” ucapnya.

Reporter: Lenny Septiani