TikTok meluncurkan program baru bernama Creator Rewards yang memberikan ruang monetisasi bagi konten kreator. Nilai bayaran akan tergantung dari seberapa baik konten tersebut masuk daftar mesin pencarian atau search engine seperti Google.

TikTok menyebut metrik ini sebagai "nilai pencarian" atau dikenal sebagai search engine optimization (SEO). Aspek ini merupakan salah satu dari empat elemen inti dalam menentukan pendapatan kreator.

TikTok mendorong para kreator untuk menggunakan alat baru yang disebut Creator Search Insights untuk membuat konten sesuai topik yang sedang tren.

"Dengan alat ini, kreator dapat mencari inspirasi untuk konten mereka, menyesuaikan strategi kreatif mereka untuk memenuhi minat audiens, dan membuat konten yang ingin dilihat lebih banyak orang," kata TikTok dalam sebuah posting blog, dikutip dari The Verge, Senin (18/3).

Creator Search Insights bisa menjabarkan ide-ide untuk video yang dapat dibuat oleh kreator, berdasarkan data yang dipersonalisasi dan umum.

Laporan Adobe pada Januari mengatakan dua dari lima orang di Amerika Serikat menggunakan TikTok untuk melakukan pencarian. Satu dari 10 pengguna Gen Z lebih cenderung menggunakan TikTok daripada Google.

Para eksekutif Google telah mengingatkan Google Search bisa saja kalah bersaing dengan TikTok.


Reporter: Lenny Septiani