Menteri BUMN Erick Thohir mendorong agar seluruh perusahaan milik negara semakin memperkuat layanan digital di berbagai lini.
Salah satu BUMN, yakni PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom), bergerak cepat merespons permintaan Erick Thohir tersebut. Melalui brand Leap-Telkom Digital, Telkom secara aktif menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.
Langkah itu untuk memastikan implementasi digitalisasi dapat dilakukan seluruh sektor. Termasuk instansi pemerintah dan korporasi di seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Papua.
Kementerian BUMN dalam pernyataan tertulis yang dibagikan melalui akun instagram @kementerianbumn, Selasa, 31 Mei 2022, menjelaskan Leap merupakan wajah baru sekaligus umbrella brand dari beragam produk dan layanan digital Telkom.
Beberapa produk-produk digital unggulan Telkom antara lain PaDi UMKM, BigBox, MySooltan, Agree, Logee, Pijar dan produk digital lainnya untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.
Dengan adanya Leap diharapkan, dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.
“Tentunya untuk mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang, seperti yang diminta Menteri BUMN Erick Thohir.”
Belum lama ini, PaDi UMKM dan Sooltanpay telah membantu digitalisasi ratusan UMKM di Sorong dan Manowari, Papua.
Erick pernah menyatakan, Kementerian BUMN akan terus mendukung UMKM agar naik kelas. Salah satu langkahnya melalui layanan Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau disingkat PaDi UMKM.
(Tim Riset Katadata)