Ikuti TikTok, Instagram Buka Marketplace Jasa Pembuat Konten

pexels.com/cottonbro
Ilustrasi: Pengguna aplikasi media sosial Instagram.
Penulis: Adi Ahdiat
17/7/2022, 15.44 WIB

Instagram resmi meluncurkan fitur Creator Marketplace pada Selasa (17/7/2022). Fitur baru ini dapat memudahkan perusahaan dalam menemukan pembuat konten dan berkolaborasi untuk kebutuhan pemasaran.

Dengan fitur Creator Marketplace, perusahaan dapat menyaring pembuat konten Instagram berdasarkan jenis kelamin, usia, minat, jumlah followers, demografi followers, serta membuat perbandingan data terkait daya pengaruh mereka di media sosial tersebut.

"Setelah menemukan pembuat konten yang potensial diajak kerja sama, perusahaan dapat menggunakan Creator Marketplace untuk membuat proyek terstruktur, menjelaskan tujuan kampanye kepada pembuat konten, hasil apa yang diinginkan, besaran kompensasi, dan hal-hal lain terkait proyek tersebut," jelas Instagram di situs resminya, Selasa (12/7/2022).

"Ini adalah bentuk komitmen kami dalam menjadikan Instagram tempat terbaik bagi pembuat konten untuk mencari penghasilan, sekaligus untuk membantu perusahaan menemukan mitra," lanjutnya.

Namun, sebenarnya Instagram bukan pionir dalam hal ini, karena fitur Creator Marketplace sejenis sudah diluncurkan TikTok sejak 2019.

Adapun menurut laporan We Are Social, sampai awal 2022 Instagram berada di peringkat tiga besar media sosial dengan jangkauan iklan tertinggi global, satu tingkat di atas TikTok.