Unit bisnis on-demand service PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Gojek akan mengurangi bakar uang atau pemberian promosi kepada pengguna untuk mencapai pertumbuhan yang berkualitas dan profitabilitas.
Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan bahwa pihaknya mengantisipasi turunnya jumlah transaksi sebagai dampak berkurangnya pemberian promo untuk pengguna. "Namun, kami lebih targeted," katanya dalam diskusi Gojek Outlook 2023 di kantor Gojek, Selasa (28/2).
Ia mengatakan bahwa Gojek menargetkan pengguna yang berkualitas, bukan pengguna yang hanya mengincar promosi. "Kami lebih fokus pada pertumbuhan yang berkualitas atau high quality user," katanya.
Manurut Catherine, Gojek tak lagi mengejar volume, melainkan kualitas dan profitability. Untuk mengantisipasi berkurangnya jumlah transaksi, Gojek telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga kinerja tetap bertumbuh. Salah satunya akan lebih selektif dalam memberikan promo.
Tiga strategi utama Gojek tersebut meliputi:
1. Inovasi teknologi
a. Layanan pesan antar makanan
- Machine learning: untuk rekomendasi makanan dan promo tepat sasaran
- Aksesibilitas: perluasan akses untuk memesan GoFood (GoFood di Tokopedia, web ordering)
- Penjadwalan pesanan GoFood
b. Fitur transportasi
- fitur Alokasi Prioritas
- promo GoPay Coins tepat sasaran
c. Layanan logistik
- fitur estimasi ongkir GoSend
- fitur draft order
- fitur penjadwalan pesanan GoBox
2. Pengembangan variasi produk
- fitur mode hemat GoFood: memberikan opsi gratis maupun diskon ongkir bagi pelanggan
- ekspansi GoTransit untuk mempermudah mobilitas multi-moda,
- layanan premium seperti GoCar Luxe dan GoRide XL
- layanan GoSend Car untuk pengiriman barang besar hingga kargo untuk ukuran maksimal 100 kg
3. Dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang
- inisiatif seperti pelatihan, program dukungan dan pengembangan komunitas
- mitra driver, Gojek memperluas manfaat melalui Gojek Swadaya, Bengkel Belajar Mitra, serta Tips Pintar di aplikasi GoPartner
- untuk mitra usaha kuliner, Gojek menambah modul pembelajaran baru di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)
- untuk online seller, Gojek mendorong komunitas Best Seller GoSend serta ragam program menarik agar produk seller semakin dilirik pelanggan
"Semua ini bertujuan agar para mitra dapat memberikan layanan terbaik dan andal bagi para pelanggan," kata Catherine. Sehingga dapat memberikan dampak sosial-ekonomi bagi para mitra. Dia optimistis bahwa ketiga strategi tersebut dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang Gojek yang berkelanjutan.
Catherine menjelaskan hal ini sejalan dengan strategi GoTo untuk pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth). Gojek yakin dapat mendukung langkah GoTo mencapai akselerasi target profitabilitasnya yaitu EBITDA yang disesuaikan menjadi positif di kuartal empat tahun ini.