Tren AI di Bank Digital: Penggunaan Chatbot dan Otomatisasi Konten

WIR Group
Kecerdasan buatan
Penulis: Lenny Septiani
18/10/2023, 14.52 WIB

Kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) tengah menjadi tren di Indonesia. Bagaimana adopsi teknologi ini di bank digital?

Co-Founder Hijra Bank Dima A Djani menyampaikan teknologi AI membantu bank menghemat biaya dan mendorong otomatisasi. “Jadi kami mencobanya untuk membuat pengalaman nasabah lebih menarik,” katanya dalam diskusi bertajuk ‘The Rise of Digital Banking’ bagian dari acara Tech In Asia Conference 2023 di Jakarta, Rabu (18/10).

Menurutnya, teknologi AI juga bisa dipakai untuk menganalisis data transaksi. Dengan begitu, bank digital bisa mengidentifikasi layanan apa yang dibutuhkan oleh nasabah.

Sementara bagi nasabah, teknologi kecerdasan buatan memungkinkan mereka mendapatkan informasi terkait layanan keuangan seperti investasi.

Bank Permata juga memakai teknologi AI untuk mempercepat digitalisasi. "Percepatan digitalisasi akan meningkatkan pendapatan," kata Presiden Direktur Meliza Musa Rusli dalam Indonesia Data and Economic atau IDE Conference Katadata 2023 di Jakarta, pada Juli (20/7).

Dia bercerita, Bank Permata memulai transformasi digital sejak 2011 lewat penerapan sistem online banking. Lalu pada 2019, perusahaan mengembangkan teknologi dengan beberapa pembaharuan sistem pelayanan nasabah.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani