2.000 Channel YouTube di Indonesia Raih 1 Juta Subscriber Baru, Apa Rahasianya?

YouTube
Managing Director, Product Specialist Team, Southeast Asia, di Google Gaurav Kapoor
Penulis: Desy Setyowati
13/9/2024, 12.00 WIB

Sebanyak 2.000 saluran alias channel YouTube di Indonesia meraih satu juta pelanggan atau subscriber per tahun lalu. Selain itu, ada lebih dari 25 ribu channel yang mendapatkan lebih dari 100 ribu subscriber.

Managing Director, Product Specialist Team, Southeast Asia di Google Gaurav Kapoor menyampaikan, orang Indonesia memilih YouTube karena mereka dapat mengakses konten dalam berbagai format.

“Mereka bisa mulai dengan menonton video pendek, lalu melanjutkan menonton video panjang,” kata Gaurav dalam keterangan pers, Kamis (12/9).

Akan tetapi, ia tidak memerinci faktor pendorong ribuan channel YouTube tersebut kebanjiran subscriber  di Indonesia. Ia hanya menyebutkan bahwa total jam konten yang diunggah atau upload ke YouTube oleh channel atau konten kreator di Indonesia memang tumbuh lebih dari 85% dalam periode setahun per Juni.

Hasil survei Kantar pada Juni juga menunjukkan, sebanyak 77% pengguna memilih YouTube ketika ingin mengeksplorasi suatu topik lebih dalam. Selain itu, 91% orang Indonesia lebih sering menggunakan  YouTube Shorts tiap bulannya ketimbang platform video pendek lain.

Riset itu juga menyebutkan, 67% responden mempercayai merek atau brand yang disebut maupun dipromosikan oleh kreator favorit.

Country Marketing Manager, Google Indonesia Muriel Makarim menambahkan, masyarakat Indonesia juga mulai gemar menonton YouTube melalui televisi atau TV. Hal ini terlihat dari jumlah penayangan YouTube di TV meningkat hingga empat kali lipat sejak 2021.

Seiring dengan data-data tersebut, YouTube menghadirkan program Partnership Ads yang didukung oleh BrandConnect  di Indonesia, satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menyediakan solusi konten bersponsor ini.

 “Dengan program Partnership Ads ini, brand dapat menggunakan video yang dibuat oleh kreator dan mempromosikannya sebagai iklan di platform layanan mandiri kami yang baru ini,” kata dia.

YouTube juga mengumumkan pemenang YouTube Works Awards 2024 Indonesia yakni:

  • Best of Indonesia: BCA: Don’t know? Kasih No
  • Best of Google AI: Grab: Grab Transport Sobat Hemat
  • Brands & Creators: Garena Free Fire ID: Mabar Tau Waktu
  • Masters of Media: Grab: Grab Unlimited: Unlimited Shock!
  • Best of Festive: Mandiri: Livin’ by Mandiri Festive Campaign
  • The Big Bang: BCA: Don’t know? Kasih No
  • The Long & Short: Mandiri: Livin’ by Mandiri Festive Campaign
  • Force for Good: BCA: Don’t know? Kasih No
  • Best Brand Story: BCA: Don’t know? Kasih No

Pemenang YouTube Works Awards 2024 dipilih berdasarkan strategi iklan kreatif, efektif, dan berbasis data yang memanfaatkan YouTube untuk mendorong hasil bisnis yang signifikan.