Profil William Xiong, Direktur IT Baru GOTO Jebolan Perusahaan Jack Ma

Dok. GOTO
William Xiong, CTO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)
20/9/2024, 15.03 WIB

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menggaet William Xiong sebagai Chief Technology Officer atau CTO Group. Dia  merupakan Vice President Alibaba Cloud Intelligence. 

Kedatangan William Xiong ini seiring dengan kemitraan strategis antara GOTO dengan Alibaba dalam pemanfaatan teknologi Alibaba Cloud untuk mendukung keseluruhan ekosistem GOTO. Perusahaan emiten teknologi ini menggunakan layanan Alibaba Cloud untuk lima tahun ke depan.

Sebelumnya GOTO juga menarik Simon Tak Leung Ho, pria kelahiran Hong Kong untuk menjadi direktur dan chief financial officer (CFO), menggantikan Jacky Lo. Lalu siapa sosok William Xiong?

Pria berkebangsaan Perancis mengantongi pengalaman 25 tahun dalam pengembangan perangkat lunak dan produk. William Xiong pernah menjabat beberapa kedudukan strategis di sejumlah perusahaan salah satunya Ant Group.

Melansir situs resmi Ant Group, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma pada 2004. Ant Group memanfaatkan kapasitas teknologi dan analitiknya untuk mendukung 2.000 lembaga keuangan di Cina. Ant Group menyediakan layanan keuangan inklusif mulai dari keuangan konsumen, pengelolaan kekayaan, dan asuransi bagi konsumen dan Usaha Kecil dan Mikro (UKM).

Sepanjang karirnya di Ant Group, William Xiong diberi kepercayaan menjadi Chief Technology Officer di dompet digital asal Malaysia yaitu TNGD dan menjadi CTO Worldfist. Ia diberi tanggung jawab atas teknologi pembayaran B2B untuk Ant International. William juga pernah menduduki posisi penting di perusahaan teknologi papan atas termasuk eBaoTech, SAP, dan Siemens.

Kelihaiannya dalam dunia teknologi, William diharapkan bisa memberikan perkembangan dalam GOTO khususnya artificial intelligence (AI). Apalagi ditambah masuknya Alibaba Cloud di GOTO. Alibaba Cloud akan menyediakan berbagai layanan terkait cloud, termasuk komputasi cloud, database berbasis cloud, jaringan, keamanan data dan analytics. Dengan kerjasama ini, kedua belah pihak akan menghadirkan inovasi terbaru di bidang transformasi digital dan kecerdasan buatan.

Direktur Utama GoTo Patrick Walujo menyatakan, kemitraan ini menjadi titik pencapaian penting dalam upaya GOTO menghadirkan ekonomi digital Indonesia yang tangguh dan inklusif.

"Langkah ini juga memperkuat komitmen GOTO untuk menghadirkan kemitraan yang dapat mendorong pertumbuhan berkelanjutan secara jangka panjang, serta memberikan nilai tambah bagi pemegang saham," tuturnya.

Ia menyebut jika penunjukan William menjadi bagian dari langkah penting GOTO seiring fokus perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui inovasi produk dengan pemanfaatan ekosistemnya di Indonesia.

Sementara William mengatakan ia sangat bersemangat bergabung dengan GoTo Group, khususnya di masa yang penting dalam perjalanan pertumbuhan perusahaan teknologi itu.

"Kesempatan untuk berkontribusi pada ekosistem digital terdepan di Indonesia dan bekerja dengan tim andal yang berkomitmen menghadirkan inovasi terdepan, sangat menginspirasi saya," ujarnya.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail