Tren Dokter Influencer, Andalan Gen Z Cari Informasi Kesehatan

Instagram @dr.tirta
dr. Tirta
Penulis: Kamila Meilina
27/9/2024, 12.15 WIB

Dokter influencer atau Doctor Opinion Leader (DOL) menjadi andalan generasi Z atau gen Z dalam mencari informasi kesehatan. Profesi ini pun menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tren pemasaran produk kesehatan.

Country Manager Hello Sehat Indonesia Natalie Anzalna menyampaikan konsumen dewasa ini mencari informasi di media sosial, termasuk kesehatan. Survei Forbes menyebutkan 80% gen Z mencari informasi di TikTok, Instagram hingga X atau Twitter.

Alasan gen Z mencari informasi di media sosial yakni konten yang singkat, menghibur, dan menarik.

Survei Hello Sehat terhadap pengguna juga menunjukkan mereka mencari informasi melalui media sosial, dengan rincian Instagram 63%, YouTube 61%, TikTok 43%.

Tren pencarian informasi melalui media sosial itu membuka ruang bagi para dokter untuk memberikan edukasi kesehatan melalui konten-konten yang ringan dan menghibur.

Studi Hello Health pun menunjukkan rata-rata pengikut media sosial dokter influencer 6.000 sampai 1,5 juta.

Dokter yang bergelut dalam bidang tersebut dikenal dengan istilah dokter influencer atau Doctor Opinion Leader (DOL). “Mereka mempengaruhi pasien dalam hal in making decision related to health,” kata Natalie dalam acara Hello Health ‘Digital Health – The Changing Rules of Engagement’ di Jakarta, pada Kamis (26/9).

Grace Joselini Corlesa menambahkan, media sosial membantu dokter menjelaskan informasi seputar kesehatan yang sedang tren. “Misalnya, lari marathon menjadi tren. Kami bisa memberikan edukasi yang relevan terkait hal ini,” ujar dia.

Reporter: Kamila Meilina